Dosen Software Engineering IT Telkom Memberikan Pelatihan Jaringan Komputer dan Administrator Website untuk Personel Korem 071/Wijayakusuma

Pelatihan dalam rangka kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi tentang Jaringan Komputer dan Administrator Website. Sedangkan Peserta Pelatihan merupakan prajurit Wijayakusuma dan PNS Makorem 071/Wk.

Pelatihan dan sosialisasi jaringan internet Korem 071/Wk bekerjasama dengan Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto, dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 10 s.d 12 April 2018 berlangsung di Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto. Untuk Dosen Software Engineering sendiri memberikan pelatihan pada tanggal 12 April 2018, dengan pembagian tiga sesi materi.

Untuk sesi pertama materi tentang Security yang dibawakan oleh Galuh Boy Hertantyo, S.T., M.T. dan Aditya Wijayanto, S.Kom., M.Kom. Informasi-informasi yang terdapat di jaringan internet semakin hari semakin lengkap , akurat dan penting. Namun dari sebagian informasi-informasi itu merupakan bagian yang berharga dan rahasia yang harus dijaga keamanannya. Oleh karena itu diperlukan proteksi dalam sebuah jaringan komputer agar informasi-informasi yang bersifat privasi, rahasia dan berharga tidak dapat dicuri dan disalah gunakan, para pelaku bisnis atau industri ini harus siap untuk menghadapi tantangan cyber security.

Untuk sesi kedua materi tentang Pengenalan Website yang dibawakan oleh Rifki Adhitama, S.Kom., M. Kom dan Affandi Nur Aziz T, S.T., M.Cs, berlangsung kurang lebih 1.5 jam. Pada dasarnya meteri kedua ini bertujuan untuk mengenalkan anggota Korem 071/Wk agar dapat mengelola website intansi mereka sendiri, dimana selama ini website Korem 071/Wk dikelola oleh pihak ketiga. Walaupun waktu penyampaian materi yang relative singkat, tetapi antusiasme peserta dari Korem 071/Wk begitu tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan tentang website, antara lain seperti bagaimana sebuah website merepresentasikan instansi dan bagaimana sebuah website dapat meningkatkan nilai suatu produk baik barang, jasa, maupun brand dari organisasi maupun instansi.

Untuk sesi ketiga materi tentang Administrasi Website yang dibawakan oleh Condro Kartiko, S. Kom., M.TI dan Andika Elok Amalia, S.T., M.T. Diharapkan dengan adanya pengenalan website ini anggota Korem 071/Wk dapat mengetahui bagaimana impact sebuah website untuk suatu organisasi atupun instansi dan bagaimana mengelola website mereka sendiri secara efektif dan efisien sehingga sesuai dengan tujuan, visi, dan misi instansi Korem 071/Wk.

Posted in Berita and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *