Dosen Software Engineering IT Telkom Memberikan Seminar Strategi Pemasaran Melalui Teknologi dan Media Sosial Kepada Komunitas UMKM Kebumen

Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sudah merambah ke berbagai sektor dan berbagai lapisan masyarakat. Salah satu sektor yang banyak memanfaatkan TI adalah sektor penjualan. Dewasa ini sudah banyak pelaku usaha yang memasarkan dagangannya lewat website, blog, media sosial bahkan market place. Saat ini orang lebih cenderung untuk mengecek harga barang di market place seperti tokopedia atau bukalapak terlebih dahulu, sebelum membeli barangnya di toko.

Bahkan mungkin seiring berkembangnya zaman, orang-orang akan lebih nyaman belanja secara online dibanding harus pergi ke mall atau toko. Menurut survey yang dilakukan oleh UCWeb pada tahun 2016, diketahui bahwa sebanyak 76,4% dari 2.829 partisipan mengakui berbelanja secara online setidaknya sekali dalam sebulan dan membelanjakan rata-rata sebesar Rp100.000 setiap bulan. Begitu ramainya transaksi jual beli online ini bisa menjadi angin segar terutama bagi para pelaku industri rumahan atau UMKM yang ingin memperkenalkan produknya ke seluruh nusantara, bahkan dunia.

Namun ternyata tidak semua pelaku UMKM mengetahui cara memasarkan produk mereka pada media online. Oleh karena itu sebagai salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, dosen IT Telkom Purwoketo mengadakan seminar bertajuk “Strategi Pemasaran Melalui Teknologi dan Media  Sosial untuk Bisnis UMKM” yang diadakan di Aula Perpusda Kebumen. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk membantu UMKM khususnya di kabupaten Kebumen agar mampu memasarkan produknya secara online baik di media sosial (facebook, twitter) maupun market place (tokopedia, bukalapak, shopee, dll).

Materi seminar, dipaparkan oleh 4 dosen IT Telkom Purwokerto yang terdiri dari 3 dosen Software Engineering dan 1 dosen Informatika. Materi pertama disampaikan oleh bapak Condro Kartiko, S.Kom., MTI selaku dosen Software Engineering yang membahas mengenai strategi pemasaran produk dengan E-Commerce, Kemudian mas Novanda Alim Setya, S.S., M.Hum selaku dosen Informatika menjelaskan cara memasarkan produk dengan bahasa inggris. Selanjutnya berturut-turut 2 dosen Software Enggineering yaitu Galuh Boy Hertantyo, ST., MT dan Afandi Nur Aziz Thohari, ST., M.Cs memaparkan tentang menggunaan market place dan penggunaan media sosial (facebook ads) untuk memasarkan produk UMKM agar dapat dilaku di pasar yang lebih luas.

Pengabdian masyarakat yang digagas oleh para dosen software engineering ini mendapat dukungan positif dari para pelaku UMKM. Ketua Forum UMKM online Kebumen Nanang Wahidun Yusup merasa senang dan mengucapkan terima kasih kepada para Dosen IT Telkom yang telah meluangkan waktu dan tenaga serta pikiran untuk membantu para anggota UMKM Kebumen dan rencananya beliau juga rencananya akan mengundang dosen-dosen tersebut untuk mengisi lagi mengenai internet marketing secara praktis.

Posted in Berita and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *