Himpunan Mahasiswa Software Engineering (HMSE) IT TELKOM PURWOKERTO Menyelenggarakan Seminar “Starting With Startup ! Why Not ?”

Di tengah pasar bebas yang cenderung menciptakan kompetensi ketat antar individu, yang mendorong kita untuk memiliki skill yang menunjang dalam penciptaan lapangan pekerjaan, dibutuhkan kemampuan untuk bisa menguasai Teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan canggih. Salah satu upaya yang dilakukan Himpunana Mahasiswa Software Engineering (HMSE) untuk memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal adalah dengan menyelenggarakan seminar tentang bagaimana membangun sebuah Perusahaan Startup yang tentunya akan bermanfaat di masa mendatang. Selain itu kita dapat membekali diri dengan keterampilan dalam bidang bisnis melalui media masa, yaitu dunia yang penuh informasi terkait bisnis melalui internet.

Pada hari Sabtu (24/3) akhir pekan kemarin mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Software Engineering (HMSE) mengadakan seminar mengenai pembangunan suatu Startup dengan mengambil tema “Starting With Startup ! Why Not ?” di Gedung IOT kampus IT Telkom Purwokerto. Kegiatan menghadirkan pembicara Arief Setiawan (Co-Founder & CTO at Limakilo).

Dalam seminar ini di bahas mengenai bagaimana membangun dan mengembangkan startup, materi seminar disampaikan langsung oleh Arief Setiawan. Antusias yang tinggi terhadap materi ini, dapat dilihat dari jumlah peserta yang mencapai ratusan orang. Pada kesempatan itu pula Arief Setiawan selaku pembicara membahas mengenai tips and triks menciptakan startup yang ideal dan menarik di pasaran, menurutnya setiap Startup yang baik melewati 7 tahapan yaitu terdiri dari Idea (Memikirkan mau konsep seperti apa startup yang akan di buat oleh kita sebagai pengembang dan pencipta startup), Build (Membangun), Launch (Meluncurukan Startup itu sendiri), Grow (Mengembangkan), Monetize (Mengkormesilkan), Automate (Menciptakan sistem automatis salah satunya dengan cara membuat sistem kerja seperti robot), dan yang terakhir Exit (Menjual Startup itu kepasaran).

Antusias yang tinggi juga di tunjukan oleh salah satu peserta, Muhammad Allen Dezen Araffa mahasiswa prodi S1 Software Engineering IT Telkom Purwokerto mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan yang seperti ini, mahasiswa akan semakin semangat untuk mengembangkan kemampuan terutama dalam bidang software dan engineering, katanya. Kaprodi S1 Software Engineering Ibu Andika Elok Amalia, S.T., M.T menambahkan, bahwa dengan adanya kegiatan seperti seminar build startup ini diharapkan menjadi salah satu faktor penyemangat bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan menerapkan pengetahuannya untuk ikut membantu perkembangan teknologi di Nusantara, tutupnya.

Posted in Berita and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *