Peran Teknologi dalam Mengubah Cara Kita bekerja – MGBK SMK/SMA/MA Se-Banyumas di IT Telkom Purwokerto

Purwokerto – Pada akhir tahun 2017, kembali diadakan MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling) di IT Telkom Purwokerto. Acara ini diikuti oleh seluruh guru BK se-Banyumas di tingkat SMK/SMA/MA. Adanya MGBK ini sangat penting, sebab Guru BK adalah ujung tombak dalam aktivitas pembimbingan kepada para siswa, termasuk bimbingan dalam memilihan studi lanjut ke jenjang PT.

Acara dibuka oleh bapak Tata Sambada, ST, MT selaku wakil rektor bidang III IT Telkom Purwokerto. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi seminar dengan judul “How Technology Changing The Way We Work” oleh oleh Bapak Indra Hidayatullah, S.Kom., MT selaku kaprodi Software Engineering. Dalam seminar tersebut, bapak indra menuturkan  bahwa saat ini pekerjaan kita tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Sebagai contohnya saat kita menyampaikan materi di kelas, akan lebih interaktif apabila kita menggunakan teknologi semacam power poin. Kemudian beliau juga menuturkan bahwa saat ini banyak yang masih belum bisa memanfaatkan teknologi informasi seperti email. Padahal saat ini penggunaan email sangat penting sekali, semisal untuk melamar kerja atau untuk mendaftar ke situs-situs online.

Mantan manager salah satu perusahaan IT di Jakarta itu juga menuturkan bahwa paradigma dalam mencari pekerjaan sudah bergeser dengan adanya teknologi. Beberapa dekade yang lalu mungkin orang masih mencari pekerjaan dengan mendatangi perusahaan satu persatu, namun sekarang sudah banyak situs-situs pencari kerja yang mana kita dapat melamar ke perusahaan sesuai kompetensi dan gaji yang kita inginkan. Seleksi dalam penerimaan karyawan pun juga sudah berbeda, dimana jaman dulu pelamar dan interviewer harus bertemu dalam satu ruangan yang sama. Saat ini pelamar dapat melakukan interview dengan video call menggunakan skype, sehingga jarak dan waktu tidak menjadi penghalang.

Hal itu lah yang harus disadari betul oleh para pendidik seperti guru  untuk mengenalkan sedini mungkin kepada anak didiknya untuk memanfaatkan teknologi. Sebagai contoh pada program studi Software Engineering IT Telkom Purwokerto, pemanfaatan teknologi sudah menjadi hal wajib bagi mahasiswa. Bahkan memungkinkan bahwa nantinya para mahasiswa dari program studi software engineering akan mampu menciptakan teknologi baru dalam bidang software. Bapak Indra dan dosen-dosen di prodi Software Engineering juga terus belajar untuk meningkatan kompentensinya, sehingga mutu pengajaran yang diberikan kepada mahasiswa akan selalu update dengan perkembangan teknologi saat ini.

Seusai pak indra memberikan materi tentang pemanfaatan teknologi, acara dilanjutkan dengan memperkenalkan IT Telkom Purwokerto. Kampus yang disupport penuh oleh yayasan pendidikan telkom ini, merupakan satu-satunya Institut Teknologi yang ada di Jawa Tengah. Saat ini IT Telkom Purwokerto memiliki 2 fakultas dengan 8 program studi yang fokus pada bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.  Setelah perkenalan IT Telkom selesai, dimulailah acara MGBK. Acara musyawarah berlangsung lancar dan menghasilkan keputusan secara mufakat.

Posted in Berita and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *