Prodi S1 Software Engineering IT Telkom Purwokerto Menjadi Prodi Pertama di Bidang Rekayasa Perangkat Lunak yang Raih Akreditasi B

Program Studi Software Engineering meraih akreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 3564/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018, tertanggal 28 Desember 2018. Akreditasi ini merupakan yang pertama kali diperoleh oleh Program Studi S1 Software Engineering. Hasil ini menjadikan Program Studi S1 Software Engineering IT Telkom Purwokerto, menjadi satu-satunya Prodi bidang Rekayasa Perangkat Lunak di Indonesia yang memperoleh akreditasi B. Sebab Program Studi bidang Rekayasa Perangkat Lunak lain, masih tergolong baru dan belum melakukan proses akreditasi.

Tahapan akreditasi diawali dengan asesmen lapangan pada Rabu, 19 Desember 2019 oleh tim asesor BAN PT yang beranggotakan Prof. Dr. Muhammad Zarlis, M.Sc. dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo. Tim asesor menilai tujuh standar penilaian yang meliputi visi-misi, mahasiswa dan alumni, kurikulum dan suasana akademik, sarana dan prasarana, SDM, administrasi dan keuangan, serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam proses perjalanannya, Program Studi S1 Software Engineering senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan, sumber daya manusia dan fasilitas yang dimiliki. Di bidang Sarana Prasarana misalnya, Prodi SE IT Telkom Purwokerto setiap tahun selalu menambahkan fasilitas berupa gedung perkuliahan. Kemudian dibidang kurikulum, Prodi Software Engineering mengacu pada Standart Internasional yaitu Association for Computing Machinery (ACM) dan Software Engineering Body of Knowledge (SWEBOK).

Adanya akeditasi ini diharapkan dapat memacu mahasiswa dan dosen untuk lebih berprestasi lagi. Diharapkan Prodi S1 Software Engineering dapat menjadi prodi percontohan dibidang rekayasa perangkat lunak di Indonesia.

Posted in Berita and tagged , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *