Programmer vs Software Engineer

Selama ini kita lebih sering mendengar profesi “programmer” daripada “software engineer”, padahal software engineer jauh lebih hebat dari programmer lho! Baik dari sisi pekerjaan maupun upah/salary.

Mau tahu bedanya?
Programmer adalah seseorang yang menulis kode sehingga dapat menghasilkan program pada perangkat lunak yang mempunyai satu fungsi tertentu. Programmer wajib memiliki ketrampilan pemrograman serta mampu menguasai algoritma dengan baik.
Sedangkan Software Engineer adalah otak kreatif dibalik program komputer. Software Engineer selain menulis kode program, mereka juga menganalisis, merekayasa, spesifikasi, dan mengimplementasikan perangkat lunak. Software engineer harus mengetahui cara agar perangkat lunak yang dihasilkan dapat diterima oleh pasar atau pengguna serta harus memiliki jiwa kepemimpinan , dan mampu mengelola kelompok kerja agar tetap harmonis. Ketrampilan yang wajib dimiliki selain harus memiliki kemampuan pemrograman yang mumpuni, software engineer juga harus menguasai siklus hidup pengembangan sistem dan metodologi pengembangan perangkat lunak.

Secara singkat dapat dilustrasikan jika programmer adalah koki, maka software engineer adalah chef.

Jadi, mempelajari ilmu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) secara mendalam merupakan kebutuhan, karena dalam dunia perangkat lunak tidak hanya membutuhkan orang-orang yang mampu menulis program saja!

Come & Join Us!
Informasi PMB 2017 silahkan di:
Website : http://pmb.st3telkom.ac.id
Facebook: ST3 TELKOM
Instagram: pmbst3telkom
Line : st3telkom
WA : 081228319222
HP : 085101624154

Posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *