Tidak hanya intelektual, mata kuliah Prodi Software Engineering ini juga berorientasi pada pembinaan karakter.

Institusi pendidikan seyogyanya bukan hanya tempat untuk mengasah kemampuan mahasiswa secara intelektual atau hard skill. Namun juga dapat meningkatkan kemampuan mental atau soft skill mereka. Hal itu lah yang ingin dicapai pada Program Studi S1 Software Engineering IT Telkom Purwokerto. Kurikulum pada Prodi Software Engineering tidak hanya mendidik mahasiswa untuk cerdas dalam bidang rekayasa perangkat lunak, tapi juga dalam pengembangan karakter dan mental mereka ketika besok sudah bekerja.

Salah satu matakuliah dalam pengembangan karakter tersebut adalah kepemimpinan dan keterampilan komunikasi. Matakuliah yang diampu oleh Bapak Indra Hidayatullah tersebut mengajarkan mahasiswa tentang caring with love dan komitmen perubahan pada sesi-sesi terakhir pertemuan.

Pada sesi Caring with Love, mahasiswa dibagi beberapa kelompok, kemudian setiap anggota secara bergantian bercerita tentang sesuatu yang dirasa akan membuat orang lain menjadi lebih mengenal dirinya. Setelah itu, setiap anggota menuliskan kekuatan karakter, buktinya, dan pesan membangun bagi semua anggota yang lain, dan menyampaikannya secara langsung. Pada sesi ini, kami juga belajar bagaimana memuji dengan tulus dan mengingatkan secara lembut dengan pemilihan kata yang baik.

Selanjutnya pada sesi Komitmen Perubahan, setiap mahasiswa menuliskan komitmen terkait perubahan yang ingin dilakukan dari kebiasaan sebelumnya, termasuk bagaimana caranya dan kapan mulai berubah. Kemudian, setiap mahasiswa secara bergantian menyampaikan komitmennya disertai prosesi menghancurkan pembatas (disimbolkan kertas) yang membatasi dirinya yang dulu dan dirinya sekarang/akan datang yang lebih baik.

Besar harapan prodi, bahwa dengan adanya matakuliah pengembangan karakter seperti Kemimpinan dan Keterampilan Komunikasi dapat membuat mahasiswa mencapai kesuksesan. Sebab dalam mencapai kesuksesan tidak cukup hanya modal pintar, melainkan juga etika yang baik. Keberhasilan mengenali diri menjadi kunci untuk dapat berubah menjadi manusia yang lebih baik.

Posted in Berita and tagged , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *