10 TOOLS GRATIS MEMPERMUDAH SKRIPSI MAHASISWA AKHIR

Mahasiswa tingkat akhir pasti tidak asing lagi dengan yang namanya skripsi. Skripsi merupakan laporan tugas akhir yang menjadi suatu hal yang cukup diwaspadai oleh mahasiswa bahkan dari semester awal.

Penulisan skripsi cenderung membutuhkan waktu yang lama. Tidak hanya projek yang ada di dalamnya, kesalahan penulisan kecil pun kerap kali dipermasalahkan oleh penguji. Oleh karena itu banyak tools yang dibuat untuk memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas penulisannya.

Yuk simak rekomendasi tools di bawah ini!

1. Grammarly

logo grammarly

Grammarly adalah platform daring yang dirancang untuk memeriksa dan memperbaiki berbagai aspek tulisan, mulai dari tata bahasa dan ejaan hingga kejelasan dan kelancaran kalimat. Dengan menggunakan Grammarly, kita dapat mengidentifikasi dan memperbaiki typo, kalimat yang berbelit-belit, serta kesalahan tata bahasa dengan lebih efisien.

Selain itu, fitur cek plagiarisme yang disediakan oleh Grammarly juga sangat penting untuk memastikan bahwa karya akademis seperti skripsi tetap orisinal dan bebas dari plagiarisme. Dengan demikian, Grammarly membantu menghemat waktu dan memastikan kualitas tulisan yang optimal dalam proses penulisan skripsi.

2. QuillBot

logo quillbot

Situs serupa Grammarly yang nggak kalah bermanfaat adalah QuillBot. Jika Grammarly fokus pada koreksi typo dan tata bahasa, maka QuillBot berfungsi untuk membantumu melakukan parafrase. Parafrase adalah salah satu bagian penting dalam skripsi untuk menghindari dugaan plagiasi. 

QuillBot bisa kamu akses secara gratis. Kamu akan mendapatkan 125 rekomendasi kata dalam fitur paraphraser, mode standar dan fasih, dan 3 pilihan sinonim. Selain itu, kamu bisa mendapatkan hasil ringkasan sebanyak 1200 kata dalam fitur summarizer.

3. Mendeley

logo mendeley

Mendeley adalah alat yang sangat berguna untuk mengatur referensi dan menghasilkan sitasi secara otomatis, terutama saat Anda memiliki banyak referensi yang harus ditangani. Dikembangkan oleh Elsevier, Mendeley tersedia secara gratis dan dapat diintegrasikan dengan browser dan Microsoft Word.

Tools ini dapat digunakan dengan cara sebagai berikut:

  1. Download Mendeley

  2. Membuka Mendeley

  3. Menghubungkan ke Word

  4. Kembali ke Mendeley

  5. Membuat Folder

  6. Drag File

  7. Cek Kelengkapan File pada PDF

  8. Tuliskan Sitasi Secara Otomatis

  9. Cari Menu View

  10. Menuliskan Jurnal

  11. Cek Lokasi Meletakkan Hasil Download Jurnal

  12. Sisipkan Sitasi

  13. Membuat Daftar Pustaka

4. Abstract Generator

Abstrak merupakan bagian awal dari tulisan ilmiah seperti skripsi contohnya. Bagian ini merupakan bagian penting di dalam karya tulis karena berisi rangkuman dari seluruh isi karya tulis tersebut akan tetapi bagian ini juga terkadang menyebabkan struggle di dalam penulisan.

AI ini dibuat untuk memecahkan tantangan penulisan abstrak, alat ini menggunakan kecerdasan buatan untuk merangkum konten skripsi dengan mudah. Dengan Abstract Generator, mahasiswa dapat fokus pada inti penelitian mereka tanpa khawatir tentang waktu yang terbuang.

5. DeepL

logo deepl

Dengan DeepL, kita dapat menerjemahkan teks dari dan ke berbagai bahasa dengan akurasi tinggi dalam waktu singkat. Dengan antarmuka yang intuitif dan hasil terjemahan yang berkualitas, DeepL membantu mempercepat proses penelitian dan penulisan karya tulis dengan sukses. Adanya DeepL memudahkan kita dalam menyelesaikan permasalahan lintas bahasa kita, misalnya sumber yang kita dapatkan menggunakan bahasa asing maka dengan DeepL akan diterjemahkan dengan akurat.

6. Chat GPT, Gemini AI, Perplexity

logo AI

Chat GPT, Gemini AI, Perplexity merupakan AI untuk menanyakan segala macam pertanyaan. Sumber jawaban yang dikeluarkan merupakan referensi dari google sehingga  kebenaran data yang dihasilkan bisa dipercaya. Dalam beberapa AI seperti perplexity dan gemini AI disertakan juga sumber referensi dari jawaban yang dihasilkan sehingga kita tidak perlu bingung dalam mencari sumbernya.

7. Zotero

logo zotero

Sebuah aplikasi manajemen referensi yang memungkinkan mahasiswa untuk mengumpulkan, mengatur, dan mengelola referensi dari berbagai sumber secara efisien. Zotero juga memudahkan pembuatan daftar kutipan dan bibliografi.

8. Sci - Hub

logo sci-hub

Sumber daya online yang tak ternilai bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. SCi-hub hadir sebagai solusi untuk mengatasi hambatan akses terhadap publikasi ilmiah yang seringkali menjadi kendala dalam proses penelitian akademis. Dengan akses yang mudah dan cepat ke jurnal ilmiah, buku, dan artikel, SCi-hub membantu mahasiswa untuk menemukan dan mengakses informasi penting yang diperlukan dalam penulisan skripsi mereka. Dalam upaya menyelesaikan skripsi, keberadaan SCi-hub menjadi kunci untuk memperluas wawasan, mendalami topik penelitian, dan menghasilkan karya akademis yang berkualitas.

9. Turnitin

logo turnitin

Turnitin adalah sebuah aplikasi yang membantu guru dan dosen untuk menilai karya tulis siswa atau mahasiswa secara online. Ketika siswa atau mahasiswa mengumpulkan tugas mereka, Turnitin akan memeriksa kesamaan teks dengan jutaan dokumen lainnya di database mereka. Ini membantu mendeteksi apakah ada tindakan plagiarisme atau penjiplakan dalam karya tersebut. Selain itu, Turnitin juga memberikan feedback kepada pengajar tentang keaslian dan kualitas karya tulis tersebut. Jadi, secara singkat, Turnitin membantu memastikan integritas akademik dan meningkatkan kemampuan siswa atau mahasiswa dalam menulis dengan orisinalitas.

10. Connected Paper

logo connected paper

Platform ini memberikan akses ke berbagai sumber informasi seperti artikel, jurnal ilmiah, dan referensi terkait lainnya, memungkinkan mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan lebih cepat dan mudah. Dengan fitur pencarian yang canggih, mahasiswa dapat menemukan sumber-sumber yang relevan dengan topik penelitian mereka dengan lebih efisien. Selain itu, kemampuan platform ini untuk mengintegrasikan dan mengorganisir semua referensi dalam satu tempat memudahkan mahasiswa dalam mengelola daftar referensi, membuat catatan, dan menyimpan kutipan penting. Akhirnya, Connected Papper juga menyediakan alat untuk melakukan analisis data dan kolaborasi antara mahasiswa dan pembimbing, menjadikannya alat yang sangat berharga dalam proses penelitian dan penulisan skripsi.

Menjadi sarjana di usia muda memang penting akan tetapi menjadi sarjana dengan kualitas matang jauh lebih penting. Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak pada Institut Teknologi Telkom Purwokerto berhasil mencetak sarjana dengan kualitas yang mumpuni. Tunggu apa lagi, Yuk gabung jadi mahasiswa RPL di Institut Teknologi Telkom Purwokerto!

Related Post

Bridging Technology for Humanity Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia
Telp: 0281-641629
WA: 0812-2831-9222
Website Official: [email protected]
Website PMB: pmb.ittelkom-pwt.ac.id
Negara: Indonesia
Telp: 0281-641629
WA: 0812-2831-9222
Website Official: [email protected]
Website PMB: pmb.ittelkom-pwt.ac.id
Negara: Indonesia

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto