Tips Aman Tidak Terjerat UU ITE

Indonesia diketahui sudah memiliki Undang – Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau biasa dikenal dengan (UU ITE). UU ITE ini berfungsi untuk menjaga ketertiban dalam berkomunikasi maupun transaksi di media online. Jadi, diperlukan beberapa pengetahuan agar terhindar dari jerat UU ITE. Berikut ini beberapa cara aman agar tidak terjerat UU ITE:

  1. Hindari posting atau komentar yang negatif

Sumber foto unsplash.com

Teknologi memang tidak jauh dengan kehidupan sosial masyarakat. Sehingga tidak jarang mereka sering sekali posting kehidupannya baik dari segi privasi sekalipun. Namun, dalam penggunaan media sosial alangkah baiknya digunakan secara bijaksana seperti berbagi pengetahuan, agama, dan lain – lainnya dan jangan posting masalah pribadi atau memancing emosi seperti komentar pedas.

  1. Hindari sharing yang berkaitan dengan SARA

Sumber foto unsplash.com

Banyak sekali berita – berita hoax di media sosial sehingga harus jeli dalam melakukan sharing. Apalagi sharing berkaitan dengan politik yang belum ahli nya. Jadi, lebih baik jangan terpancing terbawa suasana karena viral.

  1. Dunia maya sama dengan dunia nyata

Sumber foto unsplash.com

Hal ini tidak jauh penting dimana saat kita menggunakan media sosial jangan pernah melupakan bahwa kita tidak sendirian namun ada banyak orang terdekat yang juga bermain media sosial. Jadi, janganlah menghina atau menyindir lewat media sosial sehingga menyebabkan pertikaian.

  1. Hindari kata – kata kasar

Sumber foto unsplash.com

Banyak sekali pengguna media sosial yang selalu lupa menjaga etika dan sopan santun. Sehingga banyak kejadian belakangan ini yang condong kepada isu tidak enak dan menyebabkan pertikaian atau konflik.

  1. Hindari share berbau pornografi

Sumber foto unsplash.com

Tidak jarang saat sedang berselancar dalam media sosial banyak sekali orang yang cenderung tidak malu memamerkan tubuhnya. Apalagi perempuan, padahal ini jelas dilarang dalam agama islam. Tontonan yang tidak menyenangkan seperti itu dapat merugikan seseorang sehingga melaporkan nya apabila terlihat mukanya.

  1. Update selalu tentang UU ITE

Sumber foto unsplash.com

Internet atau media sosial pasti akan selalu berkembang setiap periode nya. Jadi, ada kemungkinan UU ITE juga akan di update mengikuti perkembangan internet itu sendiri. Alangkah baiknya selalu memantau tentang UU ITE baik dari artikel atau media pemerintah.

  1. Belajar dari pengalaman kemarin

Sumber foto unsplash.com

Pelanggaran terhadap UU ITE sekarang telah marak terjadi bahkan banyak sekali yang langsung di proses oleh hukum. Jadi, kamu harus belajar dari kesalahan – kesalahan orang lain agar terhindar.

Sumber referensi:

https://www.selipan.com/tips/7-tips-sederhana-agar-kamu-aman-bebas-uu-ite/

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Leave a comment