KURIKULUM 2021

 

Syarat mengikuti pendidikan pada program studi Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak dengan baik adalah mahasiswa perlu memiliki latar belakang kemampuan setara lulusan SMA/SMK. Adapun struktur Mata kuliah Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak sebagai berikut.

 

Tabel 1. Struktur Mata Kuliah Semester Pertama

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 IN21001 Agama Wajib 2
2 IN21002 Pancasila Wajib 2
3 SE21108 Kalkulus Wajib 3
4 SE21109 Dasar Fisika Wajib 2
5 IN21007 Literasi Teknologi Wajib 2
6 SE21110 Matematika Diskrit Wajib 3
7 IN21005 Bahasa Inggris Umum Wajib 2
8 SE21111 Kepemimpinan dan Keterampilan Komunikasi Wajib 2
Jumlah 18

Tabel 2. Struktur Mata Kuliah Semester Kedua

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 IN21003 Kewarganegaraan Wajib 2
2 IN21004 Bahasa Indonesia Wajib 2
3 IN21006 Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis Wajib 2
4 SE21112 Teori Bahasa dan Otomata Wajib 3
5 SE21113 Pengantar Statistik Wajib 3
6 SE21114 Arsitektur Komputer Wajib 2
7 SE21115 Pemrograman 1 Wajib 3
8 SE21171 Praktikum Pemrograman 1 Wajib 1
9 SE21116 Berpikir Komputasi Wajib 2
Jumlah 21

Tabel 3. Struktur Mata Kuliah Semester Ketiga

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis Mata Kuliah SKS
1 SE21217 Sistem Operasi   Wajib 3
2 SE21272 Praktikum Sistem Operasi Wajib 1
3 SE21218 Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak Wajib 2
4 SE21219 Pemrograman 2 (OOP)   Wajib 3
5 SE21273 Praktikum Pemrograman 2 (OOP)   Wajib 1
6 SE21220 Basis Data Wajib 3
7 SE21274 Praktikum Basis Data Wajib 1
8 SE21221 Model dan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Wajib 3
9 SE21222 Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Wajib 3
Jumlah 20

Tabel 4. Struktur Mata Kuliah Semester Keempat

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE21223 Software Defined Network   Wajib 3
2 SE21275 Praktikum Software Defined Network Praktikum Sistem Operasi Wajib 1
3 SE21224 Desain dan Analisis Algoritma Teori Bahasa dan Otomata Wajib 3
4 SE21225 Manajemen Bisnis Wajib 2
5 SE21226 Desain Interaksi Wajib 3
6 SE21227 Desain dan Arsitektur Perangkat Lunak Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak Wajib 3
7 SE21228 Desain dan Pemrograman Web 1 Wajib 3
8 SE21276 Praktikum Desain dan Pemrograman Web 1 Wajib 1
Jumlah 19

Tabel 5. Struktur Mata Kuliah Semester Kelima

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE21329 Literasi Ilmiah Wajib 3
2 SE21330 Pemrograman Perangkat Bergerak Wajib 3
3 SE21377 Praktikum Pemrograman Perangkat Bergerak Wajib 1
5 SE21331 Ekonomi Teknik Perangkat Lunak   Wajib 2
6 SE21332 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Wajib 3
7 SE21333 Desain dan Pemrograman Web 2     Wajib 3
8 SE21378 Praktikum Desain dan Pemrograman Web 2 Praktikum Desain dan Pemrograman Web 1 Wajib 1
9 SE21334 Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak   Wajib 3
Jumlah 19

Tabel 6. Struktur Mata Kuliah Semester Keenam

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE21335 Penjaminan Kualitas Perangkat Lunak Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak Wajib 4
2 SE21336 Technopreneurship Manajemen Bisnis Wajib 3
3 SE21337 Keamanan Sistem Sistem Operasi Wajib 3
4 SE21338 Pengujian Perangkat Lunak Wajib 3
5 SE21339 Metodologi Penelitian Literasi Ilmiah Wajib 3
7 SE21xxx Pilihan 1 Pilihan 3
Jumlah 18

Tabel 7. Struktur Mata Kuliah Semester Ketujuh

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE21479 Kerja Praktik Wajib 2
2 SE21442 Tugas Akhir 1 Literasi Ilmiah Wajib 3*
3 SE21443 Etika Profesi Wajib 3
4 SE21xxx Pilihan 2 Pilihan 3
5 SE21xxx Pilihan 3 Pilihan 3
6 SE21xxx Pilihan 4 Pilihan 3
7 SE21xxx Pilihan 5 Pilihan 3
Jumlah 20

Tabel 8. Struktur Mata Kuliah Semester Kedelapan

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE21452 Tugas Akhir 2 Literasi Ilmiah Wajib 4
    Analisis Kelayakan Usaha        
2 SE21453 Technopreneurship Wajib 2
3 SE21xxx Pilihan 6 Pilihan 3
Jumlah 9

Tabel 9. Struktur Mata Kuliah Pilihan

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE21340 Gamification Pilihan 3
2 SE21444 Front End Programming Pilihan 3
3 SE21445 Pemrograman GUI   Pilihan 3
4 SE21446 Desain UI dan UX Perangkat Lunak Pilihan 3
5 SE21447 Evaluasi UI dan UX Perangkat Lunak Pilihan 3
6 SE21454 User Experience Design Pilihan 3
7 SE21341 Distributed Database Systems and Database Tuning Basis Data Pilihan 3
8 SE21448 Design Pattern Pemrograman 2 Pilihan 3
9 SE21449 Web Service and Service Oriented Architecture Pilihan 3
10 SE21450 Metode Agile Model dan Metode Perangkat Lunak   Pilihan 3
11 SE21451 Kecerdasan Komputasi dan Pembelajaran Mesin   Pilihan 3
12 SE21455 Aplikasi Kecerdasan Buatan   Pilihan 3

 

STRUKTUR KURIKULUM 2017

 

Syarat mengikuti pendidikan pada program studi Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak dengan baik adalah mahasiswa perlu memiliki latar belakang kemampuan setara lulusan SMA/SMK. Adapun struktur Mata kuliah Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak sebagai berikut.

 

Tabel 1. Struktur Mata Kuliah Semester Pertama

No Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 IN0000102 Pendidikan Agama Islam Wajib  
2 IN0000202 Pendidikan Agama Kristen Protestan Wajib  
3 IN0000302 Pendidikan Agama Katholik Wajib  
4 IN0000402 Pendidikan Agama Hindu Wajib  
5 IN0000502 Pendidikan Agama Budha Wajib  
6 IN0000602 Pendidikan Agama Kong Hu Cu Wajib 2
7 IN0000103 Bahasa Indonesia   Wajib 3
8 SE6110103 Kalkulus Wajib 3
9 SE6110202 Dasar Fisika Wajib 2
10 FI6000202 Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi Wajib 2
11 SE6110302 Berpikir Komputasi Wajib 2
12 SE6110402 Algoritma dan Pemrograman Wajib 2
13   Praktikum Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Pemrograman (SE6110402)      
  SE6110511 Wajib 1
14 FI6000102 Kepemimpinan dan Keterampilan Komunikasi Wajib 2
Jumlah 19

 

Tabel 2. Struktur Mata Kuliah Semester Kedua

No.

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Syarat Ambil

Syarat Lulus

Jenis MK

SKS

1 IN0000703 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Wajib 3
2 IN0000802 Bahasa Inggris Umum Wajib 2
3 SE6120603 Matematika Diskrit Wajib 3
4 SE6120703 Probabilitas dan Statistik Wajib 3
5 SE6120803 Arsitektur Komputer Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (FI6000202)   Wajib 3
6 SE6120902 Pemrograman dan Struktur Data Algoritma dan Pemrograman (SE6110402)   Wajib 2
7 SE6121011 Praktikum Pemrograman dan Struktur Data Pemrograman dan Struktur Data (SE6120902)   Wajib 1
8 SE6121102 Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak Wajib 2
Jumlah 19

 

Tabel 3. Struktur Mata Kuliah Semester Ketiga

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE6211203 Sistem Operasi Arsitektur Komputer (SE6120803)   Wajib 3
2 SE6211303 Desain dan Analisis Algoritma Pemrograman dan Struktur Data (SE6120902)   Wajib 3
3 SE6211402 Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman dan Struktur Data (SE6120902)   Wajib 2
4 SE6211511 Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman Berorientasi Objek (SE6211402)   Wajib 1
5 SE6211602 Basis Data Pemrograman dan Struktur Data (SE6120902) Wajib 2
6 SE6211711 Praktikum Basis Data Basis Data (SE6211602) Wajib 1
7 SE6211803 Model dan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak (SE6121102)   Wajib 3
8 SE6211902 Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak (SE6121102)   Wajib 2
9 SE6212002 Manajemen Bisnis Wajib 2
Jumlah 19

 

Tabel 4. Struktur Mata Kuliah Semester Keempat

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE6222102 Jaringan Komputer Sistem Operasi (SE6211203) Wajib 2
2 SE6222211 Praktikum Jaringan Komputer Jaringan Komputer (SE6222102) Wajib 1
5 SE6222302 Pemrograman GUI Pemrograman Berorientasi Objek (SE6211402) Wajib 2
6 SE6222411 Praktikum Pemrograman GUI Pemrograman GUI (SE6222302) Wajib 1
3 SE6222502 Basis Data Lanjut Basis Data (SE6211602) Wajib 2
4 SE6222611 Praktikum Basis Data Lanjut Basis Data Lanjut (SE6222502) Wajib 1
7 SE6222703 Desain dan Arsitektur Perangkat Lunak Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak (SE6211902) Wajib 3
8 SE6222803 Interaksi Manusia dan Komputer Wajib 3
      Kalkulus (SE6110103),      
      Probabilitas dan Statistik (SE6120703),      
9 SE6222903 Kecerdasan Buatan Matematika Diskrit (SE6120603) Wajib 3
Jumlah 18

 

Tabel 5. Struktur Mata Kuliah Semester Kelima

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 FI6000402 Etika Profesi Wajib 2
2 IN0000902 Bahasa Inggris untuk Komunikasi dan Bisnis Bahasa Inggris Umum (IN0000802)   Wajib 2
      Basis Data (SE6211602),      
3 SE6313002 Desain dan Pemrograman Web Interaksi Manusia dan Komputer (SE6222803) Wajib 2
4 SE6313111 Praktikum Desain dan Pemrograman Web Desain dan Pemrograman Web (SE6313002)   Wajib 1
5 SE6313202 Pemrograman Perangkat Bergerak Desain dan Pemrograman Web (SE6313002)   Wajib 2
6 SE6313311 Praktikum Pemrograman Perangkat Bergerak Pemrograman Perangkat Bergerak (SE6313202)   Wajib  
7 SE6313403 Konstruksi dan Pemeliharaan Perangkat Lunak Desain dan Arsitektur Perangkat Lunak (SE6222703)   Wajib 3
8 SE6313503 Pengujian Perangkat Lunak Konstruksi dan Pemeliharaan Perangkat Lunak (SE6313403)   Wajib 3
9 SE6313602 Ekonomi Teknik Perangkat Lunak Rekayasa Kebutuhan Wajib 2
Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak (SE6211902)
      Lunak (SE6211902)      
Jumlah 18

 

Tabel 6. Struktur Mata Kuliah Semester Keenam

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 FI6000302 Metodologi Penelitian Wajib 2
2 SE6323703 Internet of Things Wajib 3
3 SE6323802 Pemrograman Game Wajib 2
4 SE6323911 Praktikum Pemrograman Game   Wajib 1
5 SE6324003 Penjaminan Kualitas dan Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak Pengujian Perangkat Lunak (SE6313503) Wajib 3
      Konstruksi dan Pemeliharaan  Perangkat Lunak (SE6313403),      
      Ekonomi Teknik Perangkat Lunak (SE6313602),      
6 SE6324103   Penjaminan Kualitas dan Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak  (SE6324003) Wajib 3
7 SE6324202 Technopreneurship Manajemen Bisnis (SE6212002) Wajib 2
8 SE6xxxxxx Mata Kuliah Pilihan 1 Wajib 3
Jumlah 19

 

Tabel 7. Struktur Mata Kuliah Semester Ketujuh

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 FI6000502 Kerja Praktik Etika Profesi (FI6000402) Wajib 2
2 SE6404322 Tugas Akhir 1 Pendidikan Agama (IN0000102- IN0000602), Skripsi 2
Bahasa Indonesia (IN6000103),
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (IN0000703),
Metodologi Penelitian (FI6000302)
3 SE6414503 Keamanan Sistem Jaringan Komputer (SE6222102), Wajib 3
Konstruksi dan Pemeliharaan Perangkat Lunak (SE6313403)
4 SE6414602 Analisis Kelayakan Usaha Technopreneurshi p (SE6324302) Wajib 2
5 SE6414402 Kapita Selekta Wajib 2
6 SE6xxxxxx Mata Kuliah Pilihan 2 Wajib 3
7 SE6xxxxxx Mata Kuliah Pilihan 3 Wajib 3
8 SE6xxxxxx Mata Kuliah Pilihan 4 Wajib 3
Jumlah 20

Tabel 8. Struktur Mata Kuliah Semester Kedelapan

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE6424702 Komputer dan Masyarakat   Wajib 2
2 SE6404824 Tugas Akhir 2   Tugas Akhir 1 (SE6414322) Skripsi 4
3 SE6xxxxxx Mata Kuliah Pilihan 5 Wajib 3
4 SE6xxxxxx Mata Kuliah Pilihan 6 Wajib 3
Jumlah 12

 

Tabel 9. Struktur Mata Kuliah Pilihan

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Syarat Ambil Syarat Lulus Jenis MK SKS
1 SE6004903 Microservice Architecture Pattern Desain dan Pemrograman Web (SE6313002) Desain dan Pemrograman Web (SE6313002) Pilihan Wajib Peminatan Web  
2 SE6005003 Web Service dan Service Oriented Architecture Desain dan Pemrograman Web (SE6313002) Desain dan Pemrograman Web (SE6313002) Pilihan Wajib Peminatan Web 3
3 SE6005103 Pemrograman Web Perangkat Bergerak Desain dan Pemrograman Web (SE6313002), Desain dan Pemrograman Web (SE6313002), Pilihan Wajib Peminatan Web dan Peminatan Mobile 3
Pemrograman Perangkat Bergerak (SE6313302) Pemrograman Perangkat Bergerak (SE6313302)
4 SE6005203 Desain UI dan UX Perangkat Bergerak Interaksi Manusia dan Komputer (SE6222803), Interaksi Manusia dan Komputer (SE6222803), Pilihan Wajib Peminatan Mobile 3
Pemrograman Perangkat Bergerak (SE6313302) Pemrograman Perangkat Bergerak (SE6313302)
5 SE6005303 Pemrograman Perangkat Bergerak Lanjut Pemrograman Perangkat Bergerak (SE6313202) Pemrograman Perangkat Bergerak (SE6313202) Pilihan Wajib Peminatan Mobile 3
6 SE6005403 Mikroprosesor dan Mikropengendali Internet of Things (SE6323803)   Pilihan Wajib Peminatan Internet of Things 3
7 SE6005503 Pemrograman Jaringan Jaringan Komputer (SE6222102),   Pilihan Wajib Peminatan Internet of Things 3
Pemrograman Berorientasi Objek (SE6211402)
8 SE6005603 Komputasi Awan Jaringan Komputer (SE6222102),   Pilihan Wajib Peminatan Internet of Things 3
Internet of Things (SE6323803)
9 SE6005703 Desain dan Kecerdasan Game Pemrograman Game (SE6323802) Pilihan Wajib Peminatan Game 3
10 SE6005803 Rapid Game Development    
11 SE6005903 Pemodelan dan Animasi 3D Rapid Game Development (SE6005803) Pilihan Wajib Peminatan Game 3
12 SE6006003 Metode Formal Kalkulus (SE6110103),   Pilihan Bebas Rekayasa Perangkat Lunak 3
Desain dan Arsitektur Perangkat Lunak (SE6222703)
13 SE6006103 Design Pattern Desain dan Arsitektur Perangkat Lunak (SE6222703) Pemrograman Berorientasi Objek (SE6211402) Pilihan Bebas Rekayasa Perangkat Lunak 3
14 SE6006203 Metode Agile Model dan Metode Rekayasa Perangkat Lunak (SE6211803)   Pilihan Bebas Rekayasa Perangkat Lunak 3
15 SE6006303 Teknik Neuro Fuzzy Kecerdasan Buatan (SE6222903)   Pilihan Bebas Sistem Cerdas 3
16 SE6006403 Sistem Pakar Kecerdasan Buatan (SE6222903)    
17 SE6006503 Data Analytics Kecerdasan Buatan (SE6222903)   Pilihan Bebas Sistem Cerdas 3