PRESTASE: Mahasiswa RPL Berhasil Mendapatkan Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa

HALLO SEtizen👐🏻

MinSE kembali dengan kabar bahagia nihh. Sebanyak 4 tim mahasiswa RPL berhasil mendapatkan pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa. Selama 5 bulan kedepan, keempat tim akan berjuang untuk melaju ke pimnas, final Program Kreativitas Mahasiswa.

Berikut 4 tim lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa dari RPL:

1. DEWANTARA

lolospendanaanpkm

Tim Dewantara merupakan tim PKM dari bidang PKM-KC dengan judul Dewantara (Demen Wayang Nusantara): Website Informasi dan Identifikasi Wayang Berbasis Scan dengan QR Code. Dewantara merupakan website informasi dan identifikasi wayang berbasis scan dengan QR code. Website ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti fitur scan QR, informasi event wayang, museum, dan artikel.

2. SURAK KEMBANG LO

lolospendanaanpkm

Tim Surak Kembang Lo merupakan tim PKM dari bidang PKM-RSH dengan judul Surak Kembang Lo: Makna Simbolik Tradisi pada Kajian Antropologi Jaringan Telekomunikasi pada Masyarakat Jawa di Desa Seboro Kabupaten Kebumen. Desa Seboro merupakan sebuah desa yang ada di sadang kebumen. Dimana desa ini merupakan desa budaya yang memiliki kearifan budaya lokal yang masih turun temurun dari nenek moyang, seperti budaya kuda lumping, budaya slametan dan budaya yang lainnya. Diangkat dari permasalahan saat ini yang sering terjadi di Desa Seboro sendiri adalah menurunnya daya tarik dan daya minat anak muda untuk melestarikan budaya yang ada di desa tersebut, hal ini diakibatkan karena adanya pengaruh modernisasi teknologi yang ada. Maka kami dari masalah ini menawarkan solusi riset data sebagai upaya mengulik kembali makna simbolik tradisi sutak kembang lo di desa seboro yang objek penelitiannya adalah anak anak millenial atau gen z.

3. SAGEH TIM

lolospendanaanpkm

Tim Sageh merupakan tim PKMdari bidang PKM-KC dengan judul Sensation Glasses: Alat Bantu Penyandang Tunanetra Menggunakan Machine Learning Terintegerasi Internet of Things. Konsep inovatif Sensation Glasses menjadi solusi yang menarik dengan menggabungkan teknologi machine learning dan Internet of Things (IoT) dalam bentuk kacamata cerdas. Kacamata ini dilengkapi dengan sensor-sensor yang dapat mengidentifikasi objek di sekitarnya saat pengguna sedang berjalan atau beraktivitas.

3. GALABOR

lolospendanaanpkm

Tim Galabor merupakan timPKM dari bidang PKM-KC dengan judul Rancang Bangun Permainan Tradisional Catur Jawa Berbasis Multiplatform Dengan Kecerdasan Buatan Dalam Upaya Pelestarian Budaya Daerah. Proyek ini bertujuan untuk melestarikan dan mempopulerkan permainan tradisional Catur Jawa dengan mengembangkannya ke platform digital multiplatform yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur seperti permainan melawan AI, mode multiplayer, tutorial interaktif, serta informasi sejarah dan budaya, aplikasi ini dirancang untuk perangkat mobile, web, dan desktop. Integrasi AI memberikan tantangan yang realistis, sementara antarmuka yang intuitif dan grafis menarik membuatnya dapat diakses oleh semua kalangan. Melalui pendekatan ini, diharapkan warisan budaya Catur Jawa dapat dinikmati oleh generasi muda dan audiens global, sekaligus menjaga keberlanjutannya di era digital.

Wahh keren banget yaaa SEtizen kita. Bukan hanya dosennya yang berprestasi, mahasiswa Software Engineering juga bisa membanggakan kampus tercinta. Semoga hal ini bisa jadi motivasi buat kita semua yaaa😁

Related Post

Bridging Technology for Humanity Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia
Telp: 0281-641629
WA: 0812-2831-9222
Website Official: [email protected]
Website PMB: pmb.ittelkom-pwt.ac.id
Negara: Indonesia
Telp: 0281-641629
WA: 0812-2831-9222
Website Official: [email protected]
Website PMB: pmb.ittelkom-pwt.ac.id
Negara: Indonesia

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto