RPL BELAJAR APA SAJA?

Siapa disini yang masih bertanya-tanya RPL tuh belajar apa saja sih? Jaringan? Komputer? Kaya TKJ? Ilmu komputer? STOP mikir gitu. Yuk kita simak RPL Belajar apa sih?

Apa Itu RPL?

Rekayasa Perangkat Lunak atau biasa disebut Software Engineering merupakan jurusan yang ada di SMK, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga sudah menyediakan jurusan ini loh. RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Jurusan SPL tidak jauh dari 3 hal utama yaitu Coding, Desain dan Algoritma. Berikut penjelasan mengenai hal tersebut:

Coding

Coding adalah proses menulis instruksi atau perintah yang dapat dimengerti oleh komputer untuk melakukan suatu tugas tertentu.  Instruksi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu, yang memiliki aturan tata bahasa (syntax) dan struktur yang harus diikuti.

Beberapa bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan antara lain:

  • Pemrograman Bahasa Pascal
  • Pemrograman Bahasa C
  • Pemrograman Bahasa C++
  • Pemrograman Bahasa Java
  • Pemrograman Bahasa Python
  • Pemrograman Bahasa Delphi
  • Pemrograman PHP & Mysql
  • Pemrograman JavaScript
  • Pemrograman AJAX
  • Pemrograman Web Server
  • Pemrograman HTML
  • Pemrograman CSS

Masih banyak lagi bahasa pemrograman yang tersedia untuk ngoding suatu program. Akan tetapi bahasa pemrograman di atas merupakan bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasi website maupun android.

Desain

Desain dalam pemrograman adalah proses merancang struktur dan arsitektur program sebelum coding dimulai.

Beberapa tools yang banyak digunakan desainer untuk membuat desainnya antara lain:

  • UML: Visual Paradigm, Rational Rose, ArgoUML
  • Design Patterns: Gamma et al.’s Design Patterns book, Gang of Four website
  • OOP: Java, C++, Python
  • IDE: Eclipse, IntelliJ IDEA, Visual Studio
  • VCS: Git, SVN, Mercurial

Desain yang digunakan dalam dunia pemrograman berupa UI, UX, dan desain arsitektur perangkat lunak.

Algoritma

Algoritma dalam pemrograman adalah serangkaian langkah logis dan sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas tertentu. Algoritma ini merupakan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Contoh algoritma yang umum digunakan di dunia pemrograman:

  • Pencarian Data
    • Sequential Search
    • Binary Search
  • Pengurutan Data
    • Bubble Sort
    • Selection Sort
    • Insertion Sort
  • Perhitungan Matematika
    • Penjumlahan Dua Bilangan
    • Pengurangan Dua Bilangan
    • Perkalian Dua Bilangan
    • Pembagian Dua Bilangan
  • Manipulasi String
    • Pencarian substring
    • Penggabungan substring
    • Pemisahan substring
  • Rekursi
    • Faktorial 
    • Fibonacci

Gimana? Tertarik belajar ilmu Rekayasa Perangkat Lunak lebih dalam lagi? 

Institut Teknologi Telkom Purwokerto telah menyediakan Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak yang telah terakreditasi Baik Sekali. Tunggu apa lagi, Yuk gabung jadi mahasiswa RPL di Institut Teknologi Telkom Purwokerto!

Related Post

Bridging Technology for Humanity Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia
Telp: 0281-641629
WA: 0812-2831-9222
Website Official: [email protected]
Website PMB: pmb.ittelkom-pwt.ac.id
Negara: Indonesia
Telp: 0281-641629
WA: 0812-2831-9222
Website Official: [email protected]
Website PMB: pmb.ittelkom-pwt.ac.id
Negara: Indonesia

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto