Big Data Dalam Dunia Software Engineering

Taukah kamu?

Big Data merupakan kumpulan data atau informasi yang sangat besar, beragam, dan cepat yang mencoba memahami pola manusia saat ini dengan pelbagai hal dalam kehidupannya.

Sebagai contoh penerapan big data pada layanan daring gratis. Banyak dari netizen yang saat ini menggunakan layanan daring gratis di internet. Misalnya saja seperti Gmail, Twitter, Instagram, Facebook dan lain-lain. Namun, sebenarnya kita telah membayar ketika menggunakan layanan-layanan gratis tersebut. Hal tersebut di ungkapkan oleh Perri Chase seperti yang dilansir dari The Verge, pada tanggal 25 April 2017, ia mempublikasikan tulisan di Medium. Mungkin tulisannya terasa agak sedikit sensitif, tapi apa yang disampaikan oleh Perri memang benar. Tidak ada layanan daring yang gratis, karena kita telah membayarnya dengan data-data kita. Data-data yang dikumpulkan tersebut akan dijual ke pihak ketiga seperti para pengiklan atau digunakan sebagai target iklan-iklan tertentu. Semua itu adalah bagian dari kegiatan bisnis dan banyak pengguna internet yang belum memahami hal ini sepenuhnya. Namun, yang perlu dipahami bagaimana layanan-layanan tersebut memperlakukan data-data penggunanya.

Google dan Facebook melakukan analisa mengenai penggunanya dari email, perilaku di media sosial, demografi dan lokasi. Mereka menggunakan data-data tersebut untuk mengajak perusahaan-perusahaan memasang iklan pada layanan mereka. Jadi informasi atau data pengguna hanya digunakan untuk menjual akses kepada para pengiklan untuk memasang iklan sesuai target. Bisa kita lihat pada iklan-iklan yang kita temukan di hasil pencarian atau melalui news feed.

Jadi pada kenyaataannya seperti itulah kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada layanan-layanan gratis. Dimana belum banyak pengguna yang menyadari mengenai hal ini.
Untuk mengurangi resiko penggunaan data pada layanan gratis, pastikan membaca kebijakan privasi sebelum menggunakan sebuah layanan gratis. Apabila khawatir terhadap adanya tindakan pengumpulan dan penggunaan data.

Pembahasan mengenai seluk beluk Big Data menjadi tren topik saat ini dan masa depan. Oleh karena itu, Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak (S1 Software Engineering) ST3 Telkom Purwokerto menyelenggarakan matakuliah Big Data. Pada mata kuliah tersebut kita dapat belajar memahami konsep Big Data guna merancang, mengembangkan dan membangun infrastruktur big data. Ini akan jadi bekal berharga untuk menekuni karir sebagai Software Engineer dan/atau Technopreneur.

Leave a comment