Tantangan Pengembangan Perangkat Lunak / Software

Tahukan kamu?

Salah satu tantangan dalam pengembangan perangkat lunak/software adalah memastikan bahwa customer/client/pengguna mendapatkan software yang mereka butuhkan baik secara fungsionalitas maupun performasi.

Pada tahap awal biasanya customer akan menyampaikan seperti apa software yang mereka butuhkan. Namun, terkadang apa yang disampaikan customer BUKAN merupakan spesifikasi software yang dibutuhkan MELAINKAN software yang mereka inginkan. Padahal kebutuhan dan keinginan bisa jadi merupakan dua hal yang berbeda. Oleh karena itu, kemampuan menganalisis dan memahami kebutuhan software merupakan skill yang sangat penting untuk dimiliki dalam proses pengembangan software.

Kesalahan dalam menganalisis dan memahami kebutuhan software menyebabkan terjadinya kesalahan pada proses-proses selanjutnya dalam pengembangan software. Akibatnya, software yang dihasilkan tidak dapat digunakan membantu customer/client/pengguna menyelesaikan perkerjaan atau mencapai tujuan mereka sehingga pada akhirnya software tersebut tidak digunakan.

Tapi tenang, Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak (S1 Software Engineering) ST3 Telkom Purwokerto menyelenggarakan matakuliah Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak. Pada mata kuliah tersebut kita dapat belajar bagaimana menganalisis dan memahami kebutuhan perangkat lunak secara baik dan benar. Ini akan jadi bekal berharga untuk menekuni karir sebagai Software Engineer dan/atau Technopreneur.

Leave a comment