Cara Cerdas Menggunakan Media Sosial

Media Sosial sangat erat dengan kehidupan manusia. Sehingga, sulit sekali menjauh gawai mereka. Akibatnya dalam penggunaan media sosial terkadang terdapat oknum – oknum tertentu yang menyalah gunakan penggunaan media sosial untuk hal – hal kurang bermanfaat, buang waktu, buang tenaga, mengurusi kehidupan orang lain. Jadi, berikut ini cara cerdas menggunakan media sosial agar bisa bermanfaat bagi orang lain:

Jangan Asal Posting Konten

Media sosial merupakan suatu wadah berkomunikasi yang dapat dilihat secara publik. Oleh karena itu, bijaklah dalam membuat maupun menyebar konten dalam menggunakan media sosial. Sehingga tidak menyinggung beberapa pihak tertentu.

Jangan Mencantumkan Informasi Pribadi

Kejahatan di media sosial sangatlah beragam dan orang yang menggunakan media sosial juga belum tentu kita kenal. Sehingga, alangkah baiknya minimalkan dalam posting data pribadi anda atau aktifitas anda agar dapat terhindar dari ancaman – ancaman yang sedang mengintai.

Jaga Etika

Terkadang seseorang merasa dengan menggunakan media sosial tanpa mencantumkan nama asli membuat mereka tidak dapat di kenali. Namun, ingat teknologi juga sudah semakin maju para cyber atau oknum berwajib tentu dapat mengetahui identitas seseorang. Sehingga, jagalah selalu etika, sopan, santun dan bersikap respect terhadap orang lain di media sosial serta hindari penggunaan kata kasar atau mengandung unsur SARA. Hormatilah orang lain di media sosial sebagaimana kamu ingin dihormati.

Jangan Langsung Percaya

Terkadang banyak sekali orang yang posting berita – berita yang mengandung unsur politik dan lain sebagainya. Namun, harus mencari tahu bukti tersebut dengan sangat hati – hati dan tidak boleh langsung ikut percaya dengan berita hoax yang di sebarkan oleh oknum – oknum tidak bertanggung jawab.

Filter Akun

Dalam penggunaan media sosial alangkah bijaknya selalu mengikuti akun – akun yang bermanfaat seperti akun yang mengajarkan tentang agama, kesehatan, perkembangan teknologi, dan lain sebagainya. Sehingga dengan penggunaan media sosial yang baik tidak berpengaruh terhadap kesehatan mental anda.

Sumber referensi:

https://www.firstmedia.com/article/cara-bijak-menggunakan-media-sosial-yang-perlu-kamu-ketahui

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Leave a comment