Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Perawatan laptop menjadi hal yang sangatlah penting untuk mahasiswa Software Engineering, agar nilai barang yang di beli bisa bertahan lama dan bermanfaat. Apalagi sebagai mahasiswa Software engineering, pasti membutuhkan banyak waktu dalam penggunaan laptop. Berikut ini beberapa tips untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak:

  1. Jangan menggunakan laptop di atas kasur

Sumber foto unsplash.com

Mungkin sebagian orang sangat nyaman menggunakan laptop di kasur karena bisa bersantai. Namun, menggunakan laptop di atas kasur dapat menyebabkan overheat dimana udara panas pada laptop tidak keluar secara sempurna.

  1. Jauhkan minuman dan makanan disekitar laptop

 

Sumber foto unsplash.com

Kebanyakan orang pasti saat menggunakan laptop tanpa sadar menaruh beberapa minuman maupun makanan di sekitar laptop. Hal ini dapat merusak laptop jika minuman tumpah sehingga menyebabkan perangkat keras laptop rusak. Sedangkan makanan ataupun sisanya jika jatuh di sekitar laptop dapat mengganggu kinerja keyboard.

  1. Jangan menaruh barang berat di atas laptop

Sumber foto unsplash.com

Kemungkinan banyak orang yang lupa dikarenakan saat tidak ada space untuk menaruh barang saat berada di kampus mereka malah meletakan buku – buku tebal diatas laptop. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen laptop. Jika dimungkinkan taruhlah laptop pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung atau masukkan ke dalam tas laptop apabila selesai digunakan.

  1. Jangan sembarangan mengunduh software

Sumber foto unsplash.com

Kebanyakan mahasiswa pasti akan menginstall software bajakan hal ini tidaklah masalah namun dapat membahayakan laptop karena masuknya virus. Alangkah baiknya mengunduh software dari situs resminya langsung dan gunakan software open source.

  1. Perhatikan suhu laptop

Sumber foto unsplash.com

Mahasiswa dengan background komputer pasti tidaklah jarang menggunakan laptop terlalu lama. Namun, kebanyakan mereka tidak memahami resiko yang akan ditimbulkan seperti mengalami overheat sehingga membahayakan komponen dalam laptop seperti hard disk dan motherboard. Jadi, disarankan menginstal software untuk memantau suhu laptop.

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan dalam menjaga laptop agar tidak cepat rusak. Semoga informasi ini membantu. Salam engineer.

Sumber referensi:

https://kumparan.com/fibriantisilvia/5-cara-merawat-laptop-supaya-awet-1uPKBJoKFF8/full

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Leave a comment