UX Experience During New Normal

User Experience merupakan semua aspek interaksi pengguna akhir dengan perusahaan, layanannya, dan produknya dimana mencakup unsur:

  • UX Design

desain proses yang digunakan tim untuk menciptakan produk yang memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan kepada pengguna.

  • UI Design & Interaction Design

Perlengkapan, tampilan dan nuansa presentasi dan interactivities produk.

  • UX Research

Studi sistematis pengguna target dan persyaratan untuk menambahkan konteks dan wawasan realistis ke proses desain.

  • UX Copywriter

Seni menggunakan language untuk meningkatkan merek pengalaman sesuatu lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi pengguna.

Namun penulis kali ini hanya akan menyampaikan tentang UX Research. UX Research sendiri berfokus pada dua hal yaitu:

# Responsibility

  • Kecocokan antara kebutuhan bisnis dan pengguna
  • Validasi ide
  • Validasi desain (usability testing)
  • Mengevaluasi fitur dimana seorang UX Research hanya mengajukan solusi tetapi kesimpulan tetap di tangan product owner.

# Metodologi

Metode penelitian seperti teknik yang harus dikuasi peneliti untuk masala yang dihadapi.

Ada dua jenis metode dalam melakukan UX Research

# Quantitative

  • Survey
  • Data analysis
  • Card Sorting

# Qualitative

  • In depth interview
  • Usability testing
  • Forum group discussion

Cara menjadi UX Research

  • Build your team.
  • Create portofolio.
  • Find a mentor.
  • Join event.

Mungkin sampai sini untuk artikel semoga informasinya bermanfaat, salam engineer.

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Leave a comment