Mengenal Discord Agar Efektif Belajar di Tengah Pandemic

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Discord merupakan sosial media komunikasi voice chat yang di peruntukan kepada para gamer karena fitur – fitur yang di tawarkan sangatlah banyak. Sehingga menurut penulis cocok digunakan untuk kelas online di masa pandemic sekarang. Berikut ini fitur – fitur yang di tawarkan discord:

Mampu membuat channel room

Room dibutuhkan oleh masing – masing kelas. Sehingga, saat melakukan kelas online fitur ini akan sangat menguntungkan dari pada menggunakan WhatsApp yang kurang praktis dimana nanti akan selalu membuat group baru bagi masing – masing kelas. Jadi, Discord merupakan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Voice Chat Terarah

Seperti halnya Google meet discord memiliki fungsi serupa. Namun, yang membuat orang kagum dengan discord karena dengan banyaknya bot yang ditawarkan discord mampu mengatur dan membuat room untuk voice chat sendiri sehingga dalam diskusi dalam pengerjaan tugas menjadi lebih efektif dan kuota yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Sistem moderasi dan admin fleksibel

Tentu dalam penggunaan room seorang admin perlu membuat role. Sehingga, para siswa hanya dapat mengakses room chat tertentu. Fitur ini hanya dapat diberikan oleh admin maupun bot yang telah di setting oleh pemilik room sendiri

Media hiburan

Discord sendiri memiliki fasilitas hiburan berupa bot musik. Kegiatan belajar mengajar seperti menyalakan musik menurut penulis bisa diterapkan agar tidak bosan. Sehingga, membuat suasana room saat diskusi menjadi lebih menyenangkan karena membuat rileks dan tidak tegang dengan penggunaan musik instrumental.

Leave a comment