Tips Mengatur Uang Bagi Mahasiswa Rantau

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Mahasiswa tentunya ada yang sudah merantau untuk mencari ilmu. Alangkah baiknya seorang mahasiswa rantau dapat mengatur pengeluaran uang dengan bijak. Sehingga, tidak akan mengalami kesulitan di kemudian hari dimana dia harus membuat repot orang tua. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan bagi mahasiswa rantau agar dapat mengatur pengeluaran uang dengan bijak:

Stop beli sesuatu tidak penting

Tentu karna mahasiswa rantau maka dia di berikan bekal uang yang banyak oleh orang tuanya sehingga dia lupa bahwa ada yang lebih penting dari membeli barang yang di inginkan. Saran saya uang yang di berikan orang tua di tabung atau di investasikan sehingga uang tersebut dapat di gunakan untuk keperluan masa depan yang lebih bermanfaat.

Hindari untuk berhutang

Mahasiswa yang baru merantau tidak jarang mengeluarkan uang secara berlebihan. Sehingga, lupa uang yang tersisa tinggal sedikit akhirnya di hutang kepada temannya. Alangkah baiknya menghindari sifat demikian. Sehingga, tidak terbiasa berhutang yang akan merugikan di kemudian hari, karena dengan berhutang dan tidak membayarnya. Maka kemudian hari akan diragukan dalam hal kepercayaan.

Hargai uang receh

Uang baik besar maupun kecil sangatlah berarti jika di kumpulkan. Jadi, hargai uang yang tersisa untuk dikumpulkan sehingga dapat digunakan kembali.

Leave a comment