Alasan Menggunakan Python untuk Pemrograman Machine Learning

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Menerapkan algoritma machine learning memerlukan proses waktu yang memakan waktu sehingga banyak programmer yang memilih sejumlah framework dan library dari python karena memiliki banyak library sehingga memungkinkan data scientist atau developer untuk menyelesaikan permasalahan dalam hitungan menit bahkan detik.

Mudah Dipelajari

Python menawarkan kode yang pendek sehingga mudah dibaca dan mudah dipahami. Meskipun machine learning dan AI sangatlah kompleks untuk algoritma dan alur kerja namun python dengan kesederhanaan nya memungkinkan developer dan Data Scientist untuk menulis sistem yang dapat dipercaya.

Varietas Library yang Tinggi dan Beragam

Algoritma machine learning memakan waktu sehingga dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang terstruktur dan teruji seperti python dimana bahasa pemrograman python memiliki banyak library yang dapat digunakan sehingga memungkinkan data scientist atau developer untuk menyelesaikan permasalahan yang sangat rumit dalam hitungan menit bahkan hitungan detik.

Komunitas yang Luas dan Banyaknya Open Source

Banyaknya pengguna Python membuat Python memiliki komunitas yang luas dan solid. Banyak Python Programmer senior yang mau berbagi pengetahuan mereka melalui berbagai platform, baik itu berupa artikel, video, maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis yang sering dijumpai pada berbagai platform seperti stackoverflow, telegram dan lain sebagainya. Kondisi ini membuat siapapun yang baru mempelajari Python akan sangat terbantu. Selain itu, sebagai bahasa pemrograman yang bersifat open source, Python membantu kita mengurangi biaya pengembangan perangkat lunak secara signifikan. Kita bahkan dapat menggunakan beberapa kerangka kerja (frameworks), pustaka (libraries), dan alat pengembangan Python open source untuk membatasi waktu pengembangan tanpa meningkatkan biaya pengembangan.

Referensi:

https://teknologi.id/technology/alasan-menggunakan-python-untuk-pemrograman-machine-learning

Leave a comment