Mengenal seorang Elon Musk

Elon Musk adalah pengusaha dan pengusaha Amerika kelahiran Afrika Selatan yang mendirikan X.com pada tahun 1999 (yang kemudian menjadi PayPal), SpaceX pada tahun 2002 dan Tesla Motors pada tahun 2003. Musk menjadi seorang multi jutawan di usia akhir 20-an ketika dia menjual perusahaan rintisannya. perusahaan, Zip2, ke sebuah divisi dari Compaq Computers.

Musk menjadi berita utama pada Mei 2012, ketika SpaceX meluncurkan roket yang akan mengirim kendaraan komersial pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia memperkuat portofolionya dengan membeli SolarCity pada tahun 2016 dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri dengan mengambil peran penasihat di hari-hari awal pemerintahan Presiden Donald Trump.

Pada Januari 2021, Musk dikabarkan melampaui Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia.

Pada usia 17 tahun, pada tahun 1989, Musk pindah ke Kanada untuk kuliah di Queen’s University dan menghindari wajib militer di militer Afrika Selatan. Musk memperoleh kewarganegaraan Kanada tahun itu, sebagian karena dia merasa akan lebih mudah mendapatkan kewarganegaraan Amerika melalui jalur itu.

Pada tahun 1992, Musk meninggalkan Kanada untuk belajar bisnis dan fisika di Universitas Pennsylvania. Dia lulus dengan gelar sarjana di bidang ekonomi dan melanjutkan untuk gelar sarjana kedua di bidang fisika.

Setelah meninggalkan Penn, Musk pergi ke Universitas Stanford di California untuk mengejar gelar PhD di bidang fisika energi. Namun, kepindahannya tepat waktu dengan ledakan internet, dan dia keluar dari Stanford setelah hanya dua hari untuk menjadi bagian darinya, meluncurkan perusahaan pertamanya, Zip2 Corporation pada tahun 1995. Musk menjadi warga negara AS pada tahun 2002.

Musk meluncurkan perusahaan pertamanya, Zip2 Corporation, pada tahun 1995 bersama saudaranya, Kimbal Musk. Panduan kota online, Zip2 segera menyediakan konten untuk situs web baru The New York Times dan Chicago Tribune. Pada tahun 1999, sebuah divisi dari Compaq Computer Corporation membeli Zip2 seharga $ 307 juta secara tunai dan $ 34 juta dalam bentuk opsi saham.

Pada tahun 1999, Elon dan Kimbal Musk menggunakan uang dari penjualan Zip2 mereka untuk mendirikan X.com, sebuah perusahaan layanan keuangan / pembayaran online. Akuisisi X.com pada tahun berikutnya mengarah pada pembuatan PayPal seperti yang dikenal saat ini.

Pada bulan Oktober 2002, Musk memperoleh miliar pertamanya ketika PayPal diakuisisi oleh eBay senilai $ 1,5 miliar dalam bentuk saham. Sebelum dijual, Musk memiliki 11 persen saham PayPal.

Musk mendirikan perusahaan ketiganya, Space Exploration Technologies Corporation, atau SpaceX, pada 2002 dengan tujuan membangun pesawat ruang angkasa untuk perjalanan ruang angkasa komersial. Pada tahun 2008, SpaceX sudah mapan, dan NASA memberikan kontrak kepada perusahaan tersebut untuk menangani pengangkutan kargo untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional — dengan rencana pengangkutan astronot di masa depan — dalam upaya untuk menggantikan misi pesawat ulang-alik NASA sendiri.

Musk adalah salah satu pendiri, CEO, dan arsitek produk di Tesla Motors, sebuah perusahaan yang dibentuk pada tahun 2003 yang berdedikasi untuk memproduksi mobil listrik pasar massal yang terjangkau serta produk baterai dan atap surya. Musk mengawasi semua pengembangan produk, teknik, dan desain produk perusahaan.

Pada Agustus 2013, Musk merilis sebuah konsep untuk bentuk transportasi baru yang disebut “Hyperloop”, sebuah penemuan yang akan membantu perjalanan antar kota besar sekaligus memangkas waktu perjalanan. Idealnya tahan terhadap cuaca dan didukung oleh energi terbarukan, Hyperloop akan mendorong pengendara dalam polong melalui jaringan tabung bertekanan rendah dengan kecepatan mencapai lebih dari 700 mph. Musk mencatat bahwa Hyperloop dapat memakan waktu tujuh hingga 10 tahun untuk dibangun dan siap digunakan.

Meskipun dia memperkenalkan Hyperloop dengan klaim bahwa itu akan lebih aman daripada pesawat atau kereta api, dengan perkiraan biaya $ 6 miliar – kira-kira sepersepuluh dari biaya untuk sistem kereta api yang direncanakan oleh negara bagian California – konsep Musk telah menarik keraguan. Meski demikian, wirausahawan telah berusaha untuk mendorong perkembangan ide ini.

Setelah dia mengumumkan kompetisi bagi tim untuk mengirimkan desain mereka untuk prototipe pod Hyperloop, Kompetisi Hyperloop Pod pertama diadakan di fasilitas SpaceX pada Januari 2017. Rekor kecepatan 284 mph dibuat oleh tim teknik mahasiswa Jerman di kompetisi No. 3 pada 2018, dengan tim yang sama mendorong rekor menjadi 287 mph tahun depan.

Musk telah mengejar minat pada kecerdasan buatan, menjadi ketua bersama dari OpenAI nirlaba. Perusahaan riset ini diluncurkan pada akhir 2015 dengan misi memajukan kecerdasan digital untuk memberi manfaat bagi umat manusia.

Pada 2017, juga dilaporkan bahwa Musk mendukung usaha bernama Neuralink, yang bermaksud membuat perangkat untuk ditanamkan di otak manusia dan membantu orang bergabung dengan perangkat lunak. Dia memperluas kemajuan perusahaan selama diskusi Juli 2019, mengungkapkan bahwa perangkatnya akan terdiri dari chip mikroskopis yang terhubung melalui Bluetooth ke smartphone.

Pada akhir November 2017, setelah Walikota Chicago Rahm Emanuel meminta proposal untuk membangun dan mengoperasikan jalur kereta api berkecepatan tinggi yang akan mengangkut penumpang dari Bandara O’Hare ke pusat kota Chicago dalam 20 menit atau kurang, Musk men-tweet bahwa dia sudah siap. persaingan dengan The Boring Company. Ia mengatakan bahwa konsep Chicago loop akan berbeda dari Hyperloop-nya, rutenya yang relatif pendek tidak memerlukan ruang hampa untuk menghilangkan gesekan udara.

Pada musim panas 2018 Musk mengumumkan bahwa dia akan menutupi perkiraan $ 1 miliar yang dibutuhkan untuk menggali terowongan sepanjang 17 mil dari bandara ke pusat kota Chicago. Namun, pada akhir 2019 dia men-tweet bahwa TBC akan fokus menyelesaikan terowongan komersial di Las Vegas sebelum beralih ke proyek lain, menunjukkan bahwa rencana untuk Chicago akan tetap terkatung-katung dalam waktu dekat.

Ditulis ulang oleh Erie

Source : https://www.biography.com/business-figure/elon-musk#:~:text=Elon%20Musk%20is%20a%20South,a%20division%20of%20Compaq%20Computers.

Elon Musk Fact Card

Leave a comment