Jenis-Jenis Algoritma Sort

Penulis: Irfan Mulyana Abdillah

Algoritma sorting merupakan algoritma yang menempatkan elemen list pada urutan tertentu. Dimana urutan paling sering digunakan ialah urutan numerika dan urutan lexicographical app programmieren lassen. Sorting yang efisien sangat dibutuhkan untuk mengoptimisasi penggunaan dari algoritma lain seperti pencarian dan penggabungan yang membutuhkan list terurut untuk berjalan dengan sempurna, yang juga sering digunakan untuk canonicalisisasi data dan menghasilkan output yang dapat dibaca manusia. (Wikipedia)

Bubble Sort

Pengurutan yang dilakukan dengan membandingkan masing-masing item dalam suatu list secara berpasangan dan mengulanginya sampai akhir list secara berurutan sehingga tidak ada item yang dapat ditukar.

Insertion Sort

Algoritma insertion sort pada dasarnya memilih data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan dan yang sudah diurutkan. Elemen pertama diambil dari bagian array yang belum diurutkan dan kemudian diletakkan sesuai posisinya pada bagian lain dari array yang telah diurutkan. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga tidak ada lagi elemen yang tersisa pada bagian array yang belum diurutkan.

Selection Sort

Algoritma selection sort adalah algoritma yang memilih buch schreiben lassen elemen dengan nilai terendah kemudian menukar elemen yang terpilih dengan elemen ke-i dimana i dimulai dari 1 ke n, dimana n adalah jumlah total elemen dikurangi 1.

Shell Sort

Algoritam shell sort merupakan algoritma yang sama dengan insertion dimana setiap nilai i dalam n/i diurutkan. Pada setiap pergantian nilai, i dikurangi sampai 1 sebagai nilai terakhir.

Merge Sort

Algoritma merge sort merupakan algoritma yang menggunakan cara divide and conquer dimana memecah kemudian menyelesaikan setiap bagian dan menggabungkan nya kembali.

Heap Sort

Algoritma heap sort merupakan algoritma sorting menggunakan struktur data heap tutoring-statistik.de , dengan nilai parent selalu lebih besar dari pada nilai childnya.

Agar lebih memahami algoritma sorting bisa melihat dari sumber referensi yang penulis gunakan https://phpmu.com/macam-macam-algoritma-sorting-dan-implementasi-dengan-php/

 

Leave a comment