Berbagai Distro linux yang cocok untuk pengguna windows

Beralih sistem operasi bukanlah prestasi kecil. Anda harus belajar untuk menemukan jalan Anda di sekitar lingkungan asing, melintasi menu aplikasi baru, dan menavigasi melalui sudut dan celah pengaturan sistem untuk mengatur penggalian baru Anda sesuai kebutuhan Anda.

Ini bisa menjadi pengalaman yang membanjiri, terutama bagi orang-orang yang datang dari sistem operasi berpemilik seperti Windows. Distribusi Linux, berkat sifatnya yang open source, menawarkan lebih banyak akses daripada sepupu mereka yang sumber tertutup, yang membuat transisi menjadi sangat sulit bagi banyak pengguna.

Di sinilah distro khusus ini, yang dirancang untuk pengguna Windows, muncul. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna merasakan kebaikan Linux sambil meminimalkan kurva pembelajaran yang terkait saat beralih ke sistem operasi yang berbeda. Mereka semua mengambil berbagai langkah untuk memastikan transisi semudah mungkin.

Distro terbaik untuk pengguna Windows:

Deepin 15.6 Released with New App Launcher + More - OMG! Ubuntu!

  • Deepin Linux

Deepin Linux adalah distro berbasis Debian yang dikenal dengan lingkungan desktop kustom estetis yang disebut DDE. Bersama dengan beberapa aplikasi buatan sendiri, distro ini dirancang untuk memudahkan pengguna baru masuk ke desktop Linux.

Deepin menggunakan aplikasi konfigurator boot pertama untuk membantu Anda mengubah tampilan dan nuansa instalasi Anda dengan mengubah ikon, mengaktifkan efek jendela, dan banyak lagi. Ini diklasifikasikan ke dalam dua kategori besar dan Anda dapat menggunakan salah satunya tergantung pada jumlah sumber daya yang tersedia di komputer Anda.

Pada mesin kelas bawah, Anda dapat menjalankan penginstalan dalam mode Efisien untuk memanfaatkan sumber daya yang terbatas dengan sebaik-baiknya, sedangkan pada mesin yang lebih baru Anda dapat menggunakan mode Mode untuk menghidupkan bling. Jumlah penyesuaian di DDE cukup beragam dan meluas dari area desktop utama hingga manajemen notifikasi.

Elementary OS 5.1.4 Hera Images Available for VirtualBox and VMware

  • Elementary OS

Sebuah distro Ubuntu, OS dasar telah membuat nama untuk dirinya sendiri untuk membuat distro desktop yang sangat bermanfaat dan estetis. Semuanya, mulai dari aplikasi pra-instal hingga desktop buatan sendiri yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengguna yang baru mengenal Linux.

Desktop Pantheon yang dibuat khusus, adalah estetika yang menyenangkan dari metafora desktop klasik. Salah satu fitur pembedanya adalah mode gambar-dalam-gambar yang memungkinkan Anda memilih area jendela atau desktop, lalu memunculkannya. Pop-out ini dapat dipindahkan, diubah ukurannya, selalu di atas, dan dapat berpindah melintasi ruang kerja

Distro ini hadir dengan koleksi aplikasi pra-instal yang telah dipangkas dengan cermat untuk membuat pengalaman desktop lebih konsisten dan menarik bagi pengguna Linux baru. Faktanya, banyak aplikasi pra-instal yang paling sering digunakan memiliki nama fungsional seperti Mail, Musik, Foto, dan Video, yang membuatnya lebih mudah ditemukan.

Solus Operating System - Wikiwand

  •  Solus

Hal terbaik tentang Solus adalah tidak seperti banyak rekan-rekannya, itu tidak didasarkan pada distro lain. Ini memberi pengembangnya kemampuan manuver untuk membentuk semua aspek distro sesuai visi mereka, termasuk pengalaman pengguna.

Sorotan dari distro adalah desktop kustomnya yang disebut Budgie. Ini akan menarik bagi pengguna yang bermigrasi dari Windows karena mempertahankan metafora desktop klasik sambil menawarkan beberapa kenyamanan desktop Linux modern.

Fitur Budgie yang paling mencolok adalah notifikasi terpadu dan bilah sisi pusat kontrol yang disebut Raven, yang juga memberi Anda akses cepat ke kalender dan kontrol pemutar media.

Zorin OS 15 Dirilis, Distro User Friendly yang Cocok untuk Pemula

  • Zorin OS

Sekilas, Zorin OS hanya terlihat seperti distro berbasis Ubuntu. Namun, yang membuatnya unik adalah aplikasi Zorin Appearance buatan rumah yang mengubah lingkungan desktop agar menyerupai Windows dalam bentuk dan fungsi.

Ditampilkan sebagai distro untuk pengguna Linux pertama kali, Zorin dirancang untuk menarik pengguna yang berasal dari sistem operasi berpemilik populer, yaitu Windows dan macOS.

Zorin tersedia dalam empat versi berbeda: edisi Core, Lite, dan Education gratis, sedangkan rasa Ultimate berharga $39. Edisi Core adalah edisi standar yang mencakup semua aplikasi yang Anda temukan di distribusi Linux desktop biasa, sedangkan edisi Lite dirancang untuk mesin yang lebih lama. Versi Ultimate berbayar hadir dengan dukungan dan beberapa fitur tambahan, seperti opsi untuk menggunakan antarmuka yang meniru macOS dan penuh dengan semua jenis aplikasi dan game.

Distro ini dilengkapi dengan pilihan dokumentasi yang berguna yang sekali lagi ditulis untuk pengguna yang bermigrasi dari desktop berpemilik dan tidak terbiasa dengan cara Linux dalam melakukan sesuatu. Semua hal dipertimbangkan, kami menyarankan Anda untuk menggunakan edisi Core untuk mencoba Zorin, dan kemudian beralih ke edisi Ultimate untuk merasakan potensi penuh dari distro.

 

Ditulis ulang oleh Erie 

Source : https://www.techradar.com/best/best-linux-distros-for-windows-users

 

11 comments

  • / Reply

    Good post! We will be linking to this particularly great post on our site. Keep up the great writing

  • / Reply

    I’m often to blogging and i really appreciate your content. The article has actually peaks my interest. I’m going to bookmark your web site and maintain checking for brand spanking new information.

  • / Reply

    For the reason that the admin of this site is working, no uncertainty very quickly it will be renowned, due to its quality contents.

  • / Reply

    This was beautiful Admin. Thank you for your reflections.

  • / Reply

    This is really interesting, You’re a very skilled blogger. I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I’ve shared your site in my social networks!

  • / Reply

    There is definately a lot to find out about this subject. I like all the points you made

  • / Reply

    Pretty! This has been a really wonderful post. Many thanks for providing these details.

  • / Reply

    Awesome! Its genuinely remarkable post, I have got much clear idea regarding from this post

  • / Reply

    You’re so awesome! I don’t believe I have read a single thing like that before. So great to find someone with some original thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is needed on the internet, someone with a little originality!

  • / Reply

    Awesome! Its genuinely remarkable post, I have got much clear idea regarding from this post

  • / Reply

    This is my first time pay a quick visit at here and i am really happy to read everthing at one place

Leave a comment