Memanajemen uang sabagai mahasiswa

10 Tips For Managing Your Money as a College Student

Perguruan tinggi adalah waktu yang tepat untuk belajar bagaimana mengelola keuangan Anda dan membangun kebiasaan yang akan membantu mengatur panggung untuk kesuksesan finansial selama sisa hidup Anda. Dengan lebih jelas tentang kebiasaan pengeluaran dan tabungan Anda, Anda dapat bekerja menuju tujuan yang lebih besar, seperti melunasi hutang pinjaman mahasiswa, bepergian, dan menabung untuk pencapaian masa depan seperti pindah ke kota baru setelah kuliah.

Meskipun fokus utamanya adalah, tentu saja, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, perguruan tinggi juga memberikan kesempatan besar untuk mengembangkan keterampilan uang yang Anda perlukan setelah Anda lulus. Anda harus mulai membuat pilihan cerdas tentang uang Anda sekarang untuk membangun fondasi keuangan yang kokoh untuk masa depan. Itu berarti membangun fondasi literasi keuangan sekarang.

Jika Anda ingin berada di jalur yang benar dan memastikan Anda meninggalkan perguruan tinggi dalam kondisi keuangan yang baik, baca terus untuk mempelajari kiat-kiat pengelolaan uang untuk mahasiswa 

  • Tetapkan anggaran

Mempelajari cara membuat anggaran dan menetapkan tujuan keuangan sebagai mahasiswa adalah penting. Ide untuk memetakan anggaran mungkin tampak berlebihan pada awalnya – Siapa yang memiliki energi untuk duduk dan merencanakan poin-poin terbaik dari situasi keuangan mereka setelah hari yang panjang di kelas, ujian, dan kewajiban lainnya? – tetapi sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Anggaran perguruan tinggi adalah alat yang sangat kuat dalam keuangan pribadi. Saat Anda membuat anggaran dan melacak kebiasaan pengeluaran Anda, Anda memiliki wawasan ke mana pendapatan bulanan Anda pergi dan di mana Anda harus mengurangi. Hidup dengan anggaran terbatas tidak berarti Anda tidak akan pernah bisa bersenang-senang, itu berarti kesenangan yang Anda miliki tidak akan mencegah Anda membayar tagihan.

Luangkan waktu untuk memikirkan semua biaya hidup yang menjadi tanggung jawab Anda setiap bulan. Mulailah dengan biaya kuliah dasar – uang sekolah, kamar dan makan (atau sewa dan utilitas, jika Anda tinggal di luar kampus), buku pelajaran dan perlengkapan kelas, telepon, pembayaran mobil dan asuransi (atau biaya transportasi umum), potong rambut, perlengkapan mandi, dan, tentu saja, makanan. Ketika Anda telah membuat rencana untuk uang yang Anda miliki, Anda bisa tenang mengetahui prioritas Anda tercakup.

Memiliki anggaran mahasiswa Anda sendiri untuk menyeimbangkan pengeluaran bulanan Anda dan mengetahui bagaimana uang kerja Anda mempengaruhi itu adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari kebiasaan keuangan yang baik.

  • Lacak pengeluaran Anda

Cara termudah untuk tetap di atas keuangan Anda adalah untuk melacak di mana uang Anda pergi. Lihat secara teratur untuk apa Anda menghabiskan uang dan lihat di mana Anda dapat melakukan pemotongan atau pembelanjaan dengan lebih efektif. Anda mungkin tidak menyadari berapa jumlah pembelian kecil harian Anda sampai Anda melihat pendapatan dan pengeluaran Anda.

Membuat anggaran adalah satu hal; berpegang teguh pada itu bisa lebih rumit. Langkah selanjutnya adalah melacak pengeluaran Anda melalui aplikasi seperti Mint di ponsel Anda, atau bahkan di atas kertas, untuk menentukan apakah pengeluaran tersebut sesuai dengan pengalaman dunia nyata Anda atau memerlukan penyesuaian.

Melacak pengeluaran berdasarkan tanggal juga penting. Misalnya, jika Anda telah menganggarkan $120 untuk anggaran makanan bulanan tetapi menggunakannya dalam dua minggu, Anda tahu bahwa Anda perlu melakukan penyesuaian.

Alasan lain untuk memeriksa pengeluaran Anda-Anda dapat menangkap biaya penipuan ke akun Anda lebih awal dan menghubungi bank Anda untuk membalikkannya.

Ada berbagai aplikasi penganggaran yang tersedia untuk membantu Anda. Biasakan memasukkan pengeluaran harian atau mingguan Anda untuk mendapatkan gambaran singkat tentang apa yang Anda lakukan dan di mana Anda mungkin mengeluarkan uang berlebihan.

  • Buka rekening tabungan

Banyak orang berjuang dengan ini, jadi penting untuk mulai mengembangkan kebiasaan ini sejak dini. Sangat menggoda untuk membelanjakan uang Anda terlebih dahulu dan kemudian menyimpan apa pun yang tersisa, tetapi pada akhirnya Anda akan membatasi seberapa banyak Anda menabung dengan cara ini. Sebaliknya, bayar tagihan Anda terlebih dahulu, sumbangkan ke tabungan Anda, dan kemudian gunakan sedikit untuk diri Anda sendiri.

Dalam kata-kata Warren Buffet, “Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung.”

Sekarang setelah anggaran Anda tersedia, Anda dapat mengidentifikasi area di mana Anda mungkin dapat membelanjakan lebih sedikit dan menghemat untuk tujuan jangka panjang Anda. Berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai:

Pertimbangkan untuk beralih ke paket makan yang lebih murah jika Anda secara teratur memiliki sisa uang di akun Anda.

  • Masak dengan anggaran terbatas

Anggaran makanan adalah fakta kehidupan bagi orang dewasa. Tidak peduli siapa Anda, Anda harus makan dan makan secara teratur. Tetapi ada juga banyak cara berbeda untuk memberi makan diri sendiri dan keputusan yang Anda buat memiliki dampak besar pada laba Anda.

Mempelajari cara memasak dengan anggaran terbatas adalah seni dan keterampilan yang dapat Anda andalkan selama sisa hidup Anda. Mencari tahu bagaimana membuat makanan yang Anda suka makan yang tidak menguras kantong adalah tindakan penyeimbang yang juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan pada saat yang bersamaan.

Jika Anda memasukkan beberapa resep makan malam sederhana dan lezat ke dalam gudang senjata memasak Anda, Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk menghemat uang di masa depan dengan mengumpulkan makanan murah di rumah daripada mengandalkan take-out mahal atau makanan cepat saji yang tidak sehat. untuk gigitan cepat di penghujung hari.

Sukses tidak terjadi dalam semalam, jadi teruslah lakukan kebiasaan ini setiap hari. Sebagai seorang mahasiswa, Anda mungkin tidak memiliki banyak uang tambahan sekarang. Tetapi membuat keputusan cerdas tentang cara membayar kuliah dapat membantu Anda menyimpan lebih banyak uang hasil jerih payah Anda setelah lulus.

Ditulis Ulang Oleh Erie

Source : https://www.meratas.com/blog/how-to-manage-money-as-a-college-student 

Leave a comment