Metode Budgeting Li Ka-Shing

sumber: unsplash.com

Bagaimana Anda mengelola keuangan Anda dan bagaimana Anda menyimpan uang bervariasi dari orang ke orang. Apa yang dilakukan teman-teman kita mungkin berhasil baginya, tetapi belum tentu bagi kita. Begitulah proses trial and error. Cek budget bagi 5 ala Li Ka-shing, seorang pengusaha dan investor di Hong Kong yang mampu memulai bisnis dari nol.

Bagi Lima Penghasilanmu

“Ingat, tidak peduli berapa banyak yang Anda peroleh, selalu bagilah secara proporsional dengan lima bagian,” kata LiKaShing. Sistem rumah tangga Li KaShing mengusulkan untuk membagi pendapatan lima bulan yang diterima. Kelima item tersebut adalah item biaya hidup, item sosialisasi, item pengembangan diri, item liburan, dan item investasi.

Pos Biaya Hidup

Item pengeluaran yang paling penting adalah biaya hidup. Namun jangan sampai rencana Anda gagal dan membuat biaya hidup Anda menjadi sangat boros. Atur biaya kebutuhan bulanan anda semaksimal mungkin agar tidak melebihi anggaran pendapatan anda sebesar 30%. Salah satu saran Li Ka-shing untuk mendapatkan 30% dari biaya hidupnya adalah memprioritaskan makanan daripada kopi dan makanan ringan lainnya.

Pos Bersosialisasi

Hidup dengan budget pas-pasan bukan berarti harus berdiam diri di rumah dengan alasan tidak perlu mengeluarkan uang. Bersosialisasilah dan kembangkan jaringan Anda dengan memaksimalkan anggaran sebesar 20% dari pendapatan Anda.

Pos Pengembangan Diri

Hanya karena Anda memiliki gelar dan sudah bekerja, bukan berarti Anda harus berhenti belajar. Di sela-sela kesibukannya, Li Ka-shing menganjurkan untuk membaca buku dengan antusias, memperoleh kursus bahasa dan keterampilan khusus, serta menghadiri acara-acara menarik (talk show dan lokakarya) yang dapat memperluas wawasan Anda. Gunakan 15% dari penghasilan Anda untuk terus tumbuh dan meningkatkan keterampilan Anda.

Pos Liburan

Setiap orang yang bekerja dan berkembang layak untuk dihargai dalam bentuk liburan! Liburan tidak harus mahal. Jadi simpan 10% dari penghasilan Anda untuk liburan. Tidak harus sering, tapi paling tidak setahun sekali Anda bisa bersantai, bekerja dengan semangat, dan mendapatkan memperkaya pengalaman hidup Anda.

Pos Investasi

Banyak profesional muda, terutama profesional berpenghasilan menengah, tidak terlalu mementingkan investasi atau asuransi. Selain itu, mereka percaya lebih baik mengalokasikan anggaran investasi mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan salah paham. Asuransi, khususnya asuransi kesehatan, penting untuk perlindungan Anda. Ketika berbicara tentang investasi, yang terbaik adalah memulai sesegera mungkin, tidak peduli berapa banyak dari total pendapatan yang Anda miliki. Li Ka-shing berbagi pendapat yang sama tentang masalah ini. Dia bahkan menyarankan untuk menabung 25% dari pendapatan bulanan Anda untuk diinvestasikan guna mencapai impian Anda yang lebih besar.

Referensi

Budgeting Bagi Lima ala Li Ka-Shing

Leave a comment