Rekomendasi Bahan Ajar Mata Kuliah Basis Data Rekayasa Perangkat Lunak

Basis data adalah kumpulan data yang terorganisir dan saling terkait yang disimpan secara sistematis. Basis data dapat berisi berbagai jenis data, termasuk angka, teks, gambar, video, dan file. Basis data dapat digunakan untuk menyimpan data dari berbagai sumber, seperti aplikasi web, aplikasi seluler, dan sistem perangkat keras.

Mata kuliah basis data merupakan mata kuliah yang populer di kalangan ilmu informatika. Matkul basis data banyak disukai mahasiswa karena isinya cukup mudah dipahami oleh mahasiswa dari berbagai latar belakang. Basis Data juga cukup banyak dibutuhkan dalam pembuatan projek – projek nyata seperti pembangunan aplikasi web ataupun mobile.

Belajar basis data di kelas juga ternyata ngga cukup loh teman-teman. Kelas praktikum mungkin cukup membantu tapi ada beberapa mahasiswa yang tetap membutuhkan bahan belajar di rumah, akan tetapi ada beberapa mahasiswa yang kebingungan mencari bahan ajar mata kuliah basis data. Kalau kalian juga mengalami hal serupa, yuk simak beberapa bahan ajar untuk mata kuliah basis data di bawah ini:

  1. BASIS DATA

Buku tulisan Fathansayah ini merupakan revisi ketiga dari gabungan dua buku sebelumnya yaitu Sistem Data dan Sistem Basis Data. Buku ini memiliki 3 isi yaitu, basis data, model data dan bagaimana membuat model data yang baik. Di dalamnya terdapat beberapa aspek pembahasan yang relevan dengan basis data seperti DBMS, aplikasi basis data, dan beberapa perkembangan teknologi terbaru juga turut dibahas. Buku ini tepat digunakan sebagai bahan belajar para pelajar karena isinya menekankan pada perancangan basis data dan contoh yang digunakan juga dekat dengan lingkungan mahasiswa.

2. BELAJAR OTODIDAK MYSQL

Buku ini ditulis oleh Budi Raharjo yang berisi tentang cara mengakses dan mengelola database MySQL melalui berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Java, C#, C++  dan banyak lagi baik menggunakan gaya prosedural ataupun berorientasi objek. Di dalamnya dijelaskan secara rinci proses pengolahan data menggunakan MySQL mulai dari installasi MySQL, installasi software seperti JDK (Java),  Mono, Apache, PHP, dan Ruby, installasi library pendukung, hingga konfigurasi yang diperlukan untuk komunikasi antara MySQL dan bahasa pemrograman di atas. Buku ini cocok dijadikan bahan belajar untuk pemula karena penjelasannya yang rinci sehingga memudahkan kita dalam mempelajarinya.

3. DATABASE PRINCIPLES AND TECHNOLOGIES – BASE ON HUAWEI GAUSSDB

Buku ini berisi tentang sejarah pengembangan basis data, dasar-dasar basis data, pengenalan sintaks SQL, klasifikasi sintaksis SQL, dasar-dasar keamanan basis data, lingkungan pengembangan basis data, dasar-dasar desain basis data, dan penerapan teknologi Huawei. Buku ini cocok dijadikan bahan belajar mahasiswa untuk mendalami ilmu basis data. Tapi tidak disarankan untuk pemula ya teman-teman karena buku ini mengandung pematerian yang kompleks. Buku ini dapat diakses secara gratis melalui link berikut: https://library.oapen.org/handle/20.500.12657/59331.

Sekian rekomendasi buku bahan ajar mata kuliah basis data. Buku – buku tersebut bisa didapatkan di toko buku atau gramedia baik offline maupun online. Untuk pembelian buku pada gramedia online dapat menggunakan link berikut:  https://www.gramedia.com/products/belajar-otodidak-mysql-dvd. Semangat belajar semoga Rekomendasi Bahan Ajar Mata Kuliah Basis Data Rekayasa Perangkat Lunak ini dapat membantu teman – teman semua

 

Leave a comment