Apa itu Jurusan RPL? Ini Dia 5 Kelebihan dari Jurusan RPL!

Apa itu Jurusan RPL? Hal ini perlu untuk diketahui bagi mahasiswa yang tertarik berkuliah di IT. Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu program studi yang tengah banyak diminati oleh kalangan remaja penggemar IT. Program studi ini memiliki banyak kelebihan yang masih jarang diketahui banyak orang lho. Penasaran?Yuk cari tahu!

Apa Itu RPL?

Rekayasa Perangkat Lunak atau yang biasa disebut RPL merupakan disiplin ilmu yang mencakup proses, teknik, dan alat untuk mengembangkan, memelihara, dan mengoperasikan perangkat lunak. RPL mempelajari cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan dan manajemen pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Saat ini Jurusan RPL sudah banyak tersedia di lembaga pendidikan baik pada tingkat SMK hingga perguruan tinggi. Selain Diploma dan Sarjana beberapa perguruan tinggi juga menyediakan Program Sarjana Terapan Prodi Rekayasa Perangkat Lunak. Pada beberapa perguruan tinggi jurusan ini disebut Software Engineering.

Jurusan ini banyak  berhubungan dengan coding, algoritma dan desain. Dengan  menguasai tiga hal tersebut sudah cukup untuk menyatakan bahwa seseorang berhasil menjadi mahasiswa RPL.

Keunggulan Jurusan RPL

Jurusan RPL diminati banyak kalangan pemuda melek IT karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan jurusan lain. Ini dia 5 kelebihan dari jurusan RPL:

  1. Lulusan RPL dibekali berbagai ilmu pengetahuan di bidang teknologi sehingga mampu bekerja di berbagai sektor industri.

  2. Mampu membuat aplikasi desktop, web dan mobile.

  3. Prospek kerjanya fleksibel karena bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun menggunakan jaringan internet.

  4. Jurusan RPL lebih mengerti dan memahami berbagai teknologi.

  5. Mengerti fungsi dari komponen komputer, dan dapat merakitnya.

Gimana? Tertarik belajar ilmu Rekayasa Perangkat Lunak lebih dalam lagi? 

 

Institut Teknologi Telkom Purwokerto telah menyediakan Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak yang telah terakreditasi Baik Sekali. Tunggu apa lagi? Yuk gabung jadi mahasiswa RPL di Institut Teknologi Telkom Purwokerto!

Leave a comment